Taklimat Media Program Organisasi Penggerak di Gedung Kemendikbud Jakarta (10/3). Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Taklimat Media Program Organisasi Penggerak di Gedung Kemendikbud Jakarta (10/3). Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Organisasi Penggerak dan MGMP Diminta Berkolaborasi

Pendidikan guru Kebijakan pendidikan Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 10 Maret 2020 20:23
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tetap berjalan meski pemerintah meluncurkan program Organisasi Penggerak. Keduanya justru didorong untuk berkolaborasi dalam menjalankan peran meningkatkan kualitas guru.
 
"Jadi lebih jangka panjang. Tetap ada kaitannya. Misalnya ada guru inti di situ, ada guru penggerak, Jadi nanti ke depan ini, organisasi ini dan MGMP akan bersama-sama menciptakan Sekolah Penggerak," kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kemendikbud, Praptono di Gedung Kemendikbud, Selasa, 10 Maret 2020.
 
Baca juga:Kemendikbud Luncurkan Merdeka Belajar Episode Organisasi Penggerak

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, relawan dari organisasi penggerak dipersilakan bergabung ketika ada kegiatan MGMP. Dengan begitu dalam membangun kualitas pendidikan bakal lebih komprehensif.
 
Terpisah, pengamat pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Itje Chodidjah juga sepakat, jika Organisasi Penggerak akan menempel pada kegiatan MGMP. Menurut Itje, MGMP memiliki kapasitas yang lebih baik dalam menelisik mata pelajaran.
 
"Kalau Organisasi Penggerak kan bisa berbasis mata pelajaran, bisa juga tidak. Karena dia yang penting mengarah pada tercapainya profil siswa Indonesia yang berpancasila dan sebagainya," ujar Itje.
 
Baca juga:Sebelum Mendaftar, Kenali Jenis-jenis Organisasi Penggerak
 
Itje berharap, Organisasi Penggerak melakukan pergerakan sesuai dengan kebutuhan guru. Hal itu yang nanti akan menjadi penentu, apakah relawan maupun ormas diterima dalam Organisasi Penggerak.
 
"Ketika organisasi tersebut tidak menunjukkan aktivitas yang akan langsung membantu guru, saya rasa baiknya tidak diterima," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif