Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.

Ingat! Masa Sanggah Kuota SNMPTN 2022 Ditutup Hari Ini

Pendidikan Penerimaan Mahasiswa Baru LTMPT SNMPTN 2022 SNMPTN/SBMPTN 2022
Ilham Pratama Putra • 17 Januari 2022 10:16
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menutup masa sanggah kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 hari ini. Sekolah diminta memeriksa data kuota yang telah diunggah.
 
"Masa sanggah kuota adalah waktu yang disediakan LTMPT bagi sekolah apabila terdapat data yang tidak sesuai dan mempengaruhi kuota yang didapatkan," tulis akun instagram resmi LTMPT, @ltmptofficial, dikutip Senin, 17 Januari 2022.
 
Masa sanggah ini dikhususkan untuk sekolah. Masa sanggah ini berbeda dengan tahap registrasi akun siswa. Sekolah diharapkan memaksimalkan tahap masa sanggah ini agar mendapatkan kuota sesuai porsinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tahap registrasi akun siswa masih dapat dilakukan hingga tanggal 15 Februari 2022," lanjut unggahan tersebut.
 
Saat ini, LTMPT juga tengah melakukan  sosialisasi mengenai Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) Adapun sosialisasi PDSS dilakukan pada tanggal 1 Desember sampai 8 Februari 2022. Sedangkan sosialisasi SNMPTN dimulai pada 1 Desember sampai 28 Februari 2022.
 
Launching atau peluncuran kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN digelar 4 Januari 2022. Pada hari itu juga, siswa sudah dapat melakukan pembuatan akun LTMPT.
 
Pembuatan akun LTMPT dapat dilakukan mulai 4 Januari sampai 15 Februari 2022. Registrasi akun LTMPT baik bagi siswa maupun sekolah dilakukan pada laman portal.ltmpt.ac.id.
 
Selanjutnya, penetapan siswa eligible pada 4 januari sampai 8 Februari 2022. Kemudian pengisian PDSS berlangsung pada 8 Januari hingga 8 Februari 2022.
 
Baca: Intip Peluang Masuk UNS Jalur SNMPTN, SBMPTN, hingga Mandiri
 
Sedangkan pendaftaran SNMPTN sendiri berlangsung pada tanggal 14 sampai 28 Februari 2022. Saat pendaftaran siswa dapat memilih dua program studi paling banyak dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
 
Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih  satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun
 
Selanjutnya, para peserta juga diminta untuk mengunggah portofolio. Portofolio ini wajib bagi peserta yang memilih program studi bidang olahraga dan seni.
 
Pengumuman hasil SNMPTN 2022 rencananya diberikan pada 29 Maret 2022. Peserta yang lolos diminta untuk melakukan daftar ulang sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif