Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah, menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menciptakan 'sarjana plus'. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah, menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menciptakan 'sarjana plus'. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

UMK Gandeng PT PLN Ciptakan 'Sarjana Plus'

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Rhobi Shani • 11 September 2019 17:12
Kudus: Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah, menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menciptakan 'sarjana plus'. Kerja sama ini dibangun dengan program magang mahasiswa bersertifikat (PMMB) selama enam bulan.
 
“Mereka bisa menjadi sarjana plus,” kata Rektor UMK Suparnyo, Rabu, 11 September 2019.
 
Menurut Suparnyo, akan ada empat mahasiswa yang 'dititipkan' di PLN. Tiga di antaranya ditempatkan di PT Indonesia Power Semarang dan satu mahasiswa di PT Indonesia Power di Bandung, Jawa Barat. Magang akan dimulai pada 16 September 2019 sampai Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dengan magang mahasiswa akan memiliki tambahan ilmu, karena lebih banyak praktik,” kata dia.
 
Mahasiswa yang mengikuti program magang akan memperoleh soft skill dan hard skill selama mendalami dunia kerja. Itu akan menjadi nilai lebih ketimbang mahasiswa lain.
 
Selain PT PLN, pihaknya juga sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan milik negara lainnya. Seperti BTN, Angkasa Pura, Bank Mandiri, Jasa Marga, BNI, Baratha Indonesia hingga Perum Perusahaan Pengangkutan Darat.
 
General Manager Corporate PT PLN, Badrul Musthofa, mengatakan, jalinan kerja sama yang dilakukan dengan UMK dalam PMMB sangat positif. Karena menunjang kemampuan mahasiswa menghadapi dunia industri selepas diwisuda.
 
“Kami ingin menyiapkan mahasiswa siap kerja,” kata Badrul.
 
Badrul mengingatkan agar mahasiswa mengikuti PMMB dengan baik. PMMB, imbuh dia, bukan sarana mendapatkan sertifikat kompetensi namun mengasah kemampuan mahasiswa.
 
”Program ini harus diikuti dengan baik, ini menyangkut kompetensi, kami berikan penilaian sesuai kriteria unjuk kerja,” pungkasnya.

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif