Foto/Dok. Himaghita UNS.
Foto/Dok. Himaghita UNS.

Himaghita's Festival Gelar Lomba Karya Tulis, Ikutan Yuk!

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 Juli 2019 08:42
Jakarta: Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Himaghita's Festival dalam rangka memperingati hari pangan sedunia. Dalam kegiatan ini, Himaghita mengundang pelajar SMA/sederajat seluruh Indonesia untuk mengirimkan karya tulis bertema pangan dan memperebutkan hadiah jutaan rupiah.
 
Himaghita's Festival terdiri dari dua rangkaian acara, yakni lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA/sederajat berskala nasional, Student Food Creativity Competition (SFCC) dan Food Expo X Aksi Pangan.
 
Ketua Panitia Himaghita's Festival, Izkar Lazuardi Zamani mengatakan, SFCC kali ini mengangkat tema "Peran Generasi Milenial Melalui Kreativitas Inovasi Pemanfaatan Sumber Daya Lokal untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seluruh rangkaian acara digelar dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019. Selain itu, juga menstimulasi pelajar untuk ikut bersumbangsih di dunia pangan melalui karya tulisan.
 
"Menstimulasi pelajar untuk membuahkan sumbangsih pemikiran dan partisipasinya dalam dunia pangan, melalui Student's Food Creativity Competition (SFCC)," kata Izkar, di Jakarta, Rabu 24 Juli 2019.
 
Setiap tim karya tulis berisikan dua sampai tiga orang anggota. Sebelumnya, masing-masing tim wajib mengumpulkan abstrak dari karya tulis ilmiahnya.
 
Baca:UNS Paling Diminati Pendaftar SBMPTN Setelah UB
 
Lomba ini akan dimulai 9 Agustus 2019 yang sekaligus menjadi batas akhir pengumpulan abstrak dan pendaftaran peserta. Puncak pelaksanaannya digelar pada 9 Oktober 2019, yang ditandai dengan presentasi hasil karya peserta.
 
"Karya tulis yang diajukan harus mendapat bimbingan dari guru pembimbing masing-masing sekolah. Waktu pengerjaan kurang lebih selama satu bulan. Tahap seleksi akan diambil 10 karya tulis terbaik untuk dipresentasikan secara terbuka di hadapan dewan juri dalam final SFCC," ujarnya.
 
Dalam gelaran ketiga ini, hadiah yang diberikan cukup menggiurkan, yakni Rp3.500.00 untuk juara I, juara II sebesar Rp2.000.000 dan juara 3 Rp1.500.000. Tak hanya hadiah berupa uang, mereka juga bakal memperebutkan piala Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
 
Lomba ini dipungut biaya sebesar Rp100.000, yang dibayarkan ketika abstrak lolos tahap seleksi. Untuk ketentuan dan formulir pendaftaran bisa diakses di https://himaghitafestival.wixsite.com/home/sfcc.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif