Peluncuran dan pelatihan guru Program Cha-ching Kurikulum, Medcom.id/Intan Yunelia.
Peluncuran dan pelatihan guru Program Cha-ching Kurikulum, Medcom.id/Intan Yunelia.

Perkenalkan Anak Literasi Keuangan Lewat Kurikulum Cha-Ching

Pendidikan pendidikan
Intan Yunelia • 20 Februari 2019 21:36
Jakarta: Generasi muda perlu diperkenalkan dengan literasi keuangan dasar sejak dini. Salah satunya melalui kurikulum Cha-ching, yang memperkenalkan empat konsep utama dalam pengelolaan uang.
 
Dalam kurikulum Cha-ching ada empat konsep utama yang dipelajari. Pertama pengelolaan uang yaitu memperolah (earn), menyimpan (save), membelanjakan (spend) dan menyumbangkan (donate). Hal tersebut dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari anak.
 
Executive Director Prudence Foundation, Marc Fancymenuturkan, kurikulum ini sangat penting untuk pemahaman dasar mengenai keuangan sejak usia dini. "Kurikulum Cha-Ching ini sejalan dengan studi dari University of Cambridge yang mengungkapkan bahwa anak-anak mulai membentuk kebiasaan finansial sejak usia tujuh tahun," kata Marc,saat Peluncuran Kurikulum Cha-Ching di Gedung F Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta 20 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Mendorong Literasi Keuangan Melalui Generasi Milenial
 
Kurikulum Cha-ching, kata Marc, merupakan kurikulum tentang literasi keuangan dasar. Kurikulum ini untuk meningkatkan literasi keuangan dasar pada siswa Sekolah Dasar (SD), yang saat ini baru diperkenalkan di sejumlah SD di wilayah Jabodetabek.
 
Menurut Marc, program inklusi keuangan membutuhkan sinergi dan dukungan. Bukan hanya peran pemerintah tetapi juga peran swasta.
 
"Prudential Indonesia mengingat peningkatkan inklusi keuangan yang cukup pesat adalah suatu keharusan bagi semua individu, untuk membekali diri dengan pengetahuan dan pemahaman tentang keuangan untuk menjamin mereka di masa depan," kata Marc.
 
Program ini juga diharapkan dapat menjamin masa depan masyarakat di Asia termasuk Indonesia. Khususnya di sektor pendidikan, kesehatan dan keselamatan.
 
Khusus di pendidikan memiliki peran sentral dan fundamental dalam pembangunan sumber daya manusia."Dengan populasi golongan menengah dunia yang diperkirakan akan naik dari 1,8 miliar di 2009 menjadi 4,9 miliar di 2030, di mana 66 persen di antaranya berasal dari Asia," terang Marc.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif