Pemerintah Pusat Pantau Presensi Guru di Sekolah

Kesiapan Infrastruktur Online Finger Print Diragukan

Muhammad Al Hasan 26 November 2018 07:00 WIB
Kinerja Guru
Kesiapan Infrastruktur <i>Online Finger Print</i> Diragukan
Sekjen FSGI, Heru Purnomo di LBH Jakarta, Medcom.id/Muhammad Al Hasan
Jakarta:Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengaku ragu, infrastruktur untuk mencatat kehadiran guru di sekolah dengan finger print dapat siap dalam waktu dekat.  Pencatatan kehadiran guru ini diwacanakan, untuk mempermudah pemantauan kehadiran guru yang akan langsung dilakukan oleh pemerintah pusat.

Sekjen FSGI Heru Purnomo menyatakan, wacana tersebut sebenarnya bertujuan baik, karena dapat mengukur kinerja guru yang salah satunya ditunjukkan dari tingkat kehadiran di sekolah.  Meski begitu, ia meragukan, jika tahun depan sudah dapat direalisasikan secara menyeluruh.

"Kalau sekarang melihat dengan kondisi seperti itu, kendala di lapangan luar biasa," kata Heru kepada Medcom.id,  saat ditemui di Kantor LBH, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Minggu, 25 November 2018.

Heru menyebut, untuk sejumlah kebutuhan mendasar saja, Indonesia masih mengalami keterbatasan  infrastruktur penunjang.   Sebut saja keberadaan fasilitas komputer dan internet dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), masih banyak sekolah di daerah yang belum memilikinya.

Baca:  Absensi Guru se-Indonesia akan Dipantau Pusat

Sehingga bila pemerintah pusat berencana memantau secara daringkehadiran guru di seluruh Indonesia melalui online finger print, dikhawatirkan akan mengalami kesulitan.

"Nah ketika sekolah negeri yang ada di pelosok belum dijangkau oleh internet dan satelit, bagaimana bisa dilakukan secara online, jadi itu berpotensi jadi kendala.  Kendala infrastrukturnya," ujar guru SMP Negeri 52 Jakarta itu.

Sebenarnya, kata Heru, pemantauan kehadiran guru dari pusat sudah berjalan untuk guru berstatus PNS. Pemantauan dilakukan onlineterbatas oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id