Bekasi Siapkan Pembangunan Sekolah Terpadu untuk Difabel
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi saat meninjau SDN Margajaya III, Kota Bekasi, Jawa Barat, Istimewa
Bekasi:  Pemerintah Kota Bekasi mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sekolah terpadu bagi penyandang disabilitas di wilayahnya. Jumlahnya sekitar Rp2 sampai Rp3 miliar dan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi tahun 2019.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, sekolah terpadu bagi penyandang disabilitas itu nantinya akan menyiapkan fasilitas untuk meningkatan kreatifitas penyandang disabilitas.


Dirinya menjelaskan, SD Margajaya III akan disatukan ( merger ) dengan beberapa sekolah seperti SD Margajaya I, IV dan V. Setelah itu, dijadikan SMP yang memiliki 24 ruang kelas dengan kemungkinan menampung kurang lebih 400 siswa.

"Sebelahnya akan dibuat sekolah disabilitas. Kurang lebih ada enam RKB (Ruang Kelas Baru). Kemungkinan nanti diperuntukkan untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dengan luas lahan 38x31 meter. Dan anggaran yang dialokasikan kurang lebih 2 sampai Rp3 miliar," kata dia di Bekasi, Rabu, 5 Desember 2018.

Rahmat menyatakan, sekolah terpadu tersebut tentunya memerlukan fasilitas khusus untuk menunjang aktivitas siswa penyandang disabilitas yang bersekolah.

"Seperti tangga ataupun klosetnya juga khusus karena diperuntukkan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Jadi ini digagas pada saat Pak Jokowi kemaren hadir di Kota Bekasi, dan kita baru sadar, ternyata banyak anak-anak kita yang butuh sekolah khusus, sebenarnya itu juga tercetus sebagai salah satu janji kampanye, jadi sekarang saya realisasikan," imbuhnya.

Ke depan, akan terdapat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan juga sekolah disabilitas dalam satu wilayah. Ia berharap agar kebersamaan selalu dijaga dan tidak boleh saling berebut wilayah SD, wilayah SMP ataupun wilayah sekolah disabilitas.

"Karena, semuanya mempunyai hak dan kedudukan yang sama," terang Rahmat.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id