Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

Rekomendasi '5 Siap PTM' dari KPAI

Pendidikan kpai Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka
Arga sumantri • 02 April 2021 20:41
Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menekankan perlunya persiapan sungguh-sungguh sebelum melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Berikut rekomendasi 5 Siap PTM dari KPAI: 

1. Daerah Harus Siap

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan pemerintah daerah melalui dinas pendidikan harus melakukan pemetaan. "Mana sekolah yang siap dan belum siap dari daftar periksa pada pengisian aplikasi," kata Retno dalam keterangannya, Jumat, 2 April 2021.
 
Sekolah yang siap, kata dia, perlu dipastikan melalui pengawasan langsung di lapangan, apakah daftar periksa yang diisi sesuai dengan kondisi di lapangan.  Sedangkan, untuk sekolah yang belum siap, perlu ada intervensi anggaran dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk membantu penyiapan infrastruktur AKB di sekolah.
 
Pemerintah daerah juga harus melibatkan lintas dinas saat hendak membuka sekolah. Misalnya, dinas pendidikan dengan dinas kesehatan, serta Gugus Tugas Covid-19 Daerah, melakukan nota kesepemahaman untuk pengawasan dan pendampingan pembukaan sekolah. Selain itu, pihak sekolah juga harus memiliki nota kesepahaman dengan fasilitas kesehatan terdekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah Puskesmas, klinik, rumah sakit atau bahkan mungkin praktek  bidan/dokter," ujar Retno.
 
Baca: Sekolah di Pegunungan Papua Mulai Pembelajaran Tatap Muka

2. Sekolah Harus Siap

Menurut dia, sekolah harus menyiapkan semua infrastruktur yang dibutuhkan dalam adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sekolah. Contohnya, jumlah wastafel yang memadai. Ambil misal jumlah kelas 20, maka ketersediaan wastafel juga minimal 20. 
 
"Harus memiliki Thermogun yang menyesuaikan jumlah peserta didik agar saat diukur suhunya di pintu gerbang sekolah, tidak terjadi penumpukan atau kerumunan siswa karena mengantre," terangnya.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif