NEWSTICKER
Foto: Dok. Unej
Foto: Dok. Unej

Webometrics Pacu Kampus Melek Teknologi

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 04 Februari 2020 13:17
Jakarta: Perguruan tinggi di Indonesia kini kian giat memperbaiki peringkatnya di Webometrics. Pemeringkatan di Webometrics dinilai lebih transparan dalam menilai kualitas kampus.
 
Pasalnya, Webometrics dapat memantau aktivitas kampus secara keseluruhan melalui internet. Karena itulah kampus mulai berlomba-lomba berkarya dan berinovasi untuk kemudian ditampilkan di dunia maya.
 
"Webo (Webometrics) itu kan di antara pertimbangannya soal big file, kekayaan data yang di-upload kemudian tingkat aksesibilitas berapa banyak yang mengakses. Termasuk juga sebaran pengaksesnya," kata guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN SA) Surabaya, Akhmad Muzakki, kepada Medcom.id Selasa, 4 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan keaktifan kampus mengejar ranking Webometrics belakangan ini, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) itu menilai ada tanda-tanda kemajuan pada penggunaan teknologi di kampus. Kampus tampak semakin siap menerjang revolusi industri 4.0.
 
"Bagaimanapun ke depan ada tren menggunakan teknologi informasi, untuk kepentingan yang lebih luas dari layanan pendidikan kita. Dan itu menjadi manfaat tersendiri," jelas dia.
 
Namun dia meminta agar kampus tak terbuai dengan ranking. Selain penggunaan teknologi informasi, pihak kampus juga harus berbenah dari dalam untuk hal-hal yang tak dimuat di internet.
 
"Ya layanan dan sebagainya lah, jaminan yang lebih baik bagi masyarakat luas. Kita tidak boleh kemudian jadikan teknologi satu-satunya untuk dikejar. Karena bagaimanapun itu adalah mesin. Tentu piranti mesin ada keterbatasan. Jangan lupa ada tren di negara maju seperti Jerman, sudah tidak terlalu peduli pemeringkatan," jelasnya.
 
Webometrics merupakan sistem pe-ranking-an Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas web dapat dijadikan indikator kinerja global sebuah universitas.
 
Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional hingga hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi, universitas. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 19.000 lembaga perguruan tinggi di dunia.
 
Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif