NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al faruq
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al faruq

UNJ Harus Jadi Pelopor Cetak Guru Canggih

Pendidikan guru Metode Pembelajaran
Ilham Pratama Putra • 07 Februari 2020 20:19
Jakarta:Sebagai eks Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tetap dituntut untuk mencetak para guru dan tenaga kependidikan berkualitas. Dalam proses perkuliahan, UNJ harus menjadi pelopor dalam menuntun guru agar tidak gagap teknologi (gaptek).
 
"UNJ harus melakukan langkah memajukan guru. Sebelum dilakukan kampus lain, UNJ harus yang terdepan dalam melakukan hal itu," kata Akademisi Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin kepada Medcom.id, Jumat 7 Februari 2020.
 
Menurutnya, ada beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan UNJ. Salah satunya UNJ bisa memberikan pelatihan pada guru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas guru, karena memang diakui atau tidak, zamannya sudah berubah, namun pengetahuan guru masih ketinggalan," jelasnya.
 
Dari pelatihan itu, guru diharapkan mendapat hardskillsdan softskills untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0. Ke depan, guru juga harus lebih sering studi ke luar negeri.
 
"Mereka juga harus banyak belajar, melihat, kalau perlu secara khusus mereka diberikan kursus ke luar negeri, untuk melihat perkembangan guru selama ini di negara maju. Jadi jangan hanya disuruh mengajar, lalu ketinggalan," lanjut Ujang.
 
Plt. Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gogot Suharwoto mengatakan, saat ini teknologi masih sulit masuk di ruang-ruang kelas untuk pembelajaran. Hal ini faktor utamanya adalah masih rendahnya kompetensi guru dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau dengan kata lain gagap teknologi (gaptek)
 
Gogot menyebut kompetensi TIK jumlah guru yang akrab dengan teknologi tak sampai 50 persen dari total 28 ribu guru yang dipetakan oleh Kemendikbud . Itu terlihat dari pemetaan teranyar yang pihaknya lakukan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif