NEWSTICKER
Dekan FKUI, Ari Fahrial Syam. Foto: YouTube/FKUI
Dekan FKUI, Ari Fahrial Syam. Foto: YouTube/FKUI

Peminat Tes Covid-19 Membludak, RS UI Beri Prioritas PDP

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 20 Maret 2020 17:13
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mulai menerima pasien suspect virus korona atau coronavirus disease (covid-19). Namun pelayanan UI masih terbatas karena faktor peralatan.
 
"Karena keterbatasan peralatan yang kami punya, saat ini kami hanya bisa memeriksa 100 sampai 200 orang dalam sehari," kata Dekan FKUI, Ari Fahrial dalam video conference, Jumat 20 Maret 2020.
 
Hingga saat ini yang masih menjadi prioritas di RS UI adalah mereka yang menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Prioritas tersebut atas pertimbangan membludaknya keinginan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan pribadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika ada hasil kami langsung kontak ke dokter yang merawat untuk antisipasi. Kalau positif maka kita harus konfirmasi ke Litbangkes," ungkap dia.
 
Lebih lanjut, pihaknya juga berkontribusi memberikan tenaga medis untuk terjun ke rumah sakit. Setidaknya saat ini sudah ada 150 relawan.
 
Baca juga:Laboratorium di FKUI Ditunjuk Jadi Tempat Tes Covid-19
 
Jumlah tersebut terdiri dari alumni maupun mahasiswa tingkat akhir. Mereka nantinya akan ditugaskan langsung di rumah sakit. "Bahkan ada wacana wisma atlet sebagai pasien-pasien yang ringan. Pada kondisi tertentu sesuai permintaan Dikti kita sudah menyiapkan relawan supaya bergabung membantu pasien-pasien yang ringan," jelasnya.
 
Sebelumnya,Unit Kerja Khusus (UKK) Laboratorium Mikrobiologi Klinik (LMK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (LMK FKUI) ditunjuk menjadi Laboratorium Pemeriksa covid-19 bersama dengan 11 laboratorium lainnya se-Indonesia.
 
Penunjukan 12 Laboratorium Pemeriksa ini tertuang dalam Surat Keputusan Menkes Nomor HK.01.07/MENKES/182/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan covid-19. Keputusan ini ditandatangani oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto pada Senin, 16 Maret 2020.
 
Dekan FKUI, Ari Fahrial Syam mengatakan FKUI siap membantu pemerintah dalam menghadapi kasus covid-19 ini. Salah satunya melalui kesiapan Laboratorium Mikrobiologi Klinik yang sudah terstandardisasi WHO dan mempunyai fasilitas pemeriksaan virus yaitu Biosafety Level 2 (BSL2) dan BSL3.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif