Unsyiah Banda Aceh. Dok Antara
Unsyiah Banda Aceh. Dok Antara

Unsyiah Buka Kelas untuk 101 Mahasiswa Kampus Lain

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kampus Merdeka
Antara • 26 September 2020 10:18
Aceh Besar: Sebanyak 101 mahasiswa dari berbagai universitas di Tanah Air mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata-Sakti) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh. Kegiatan penerimaan mahasiswa dilakukan secara virtual.
 
"Program Permata Sakti adalah pertukaran pelajar atau mahasiswa yang dilakukan secara langsung (visit) selama satu semester ke universitas tujuan," kata Wakil Rektor IV Unsyiah Hizir di Darussalam, Banda Aceh, melansir Antara, Sabtu, 26 September 2020.
 
Hizir mengatakan, pihaknya merasa senang karena bisa menyelenggarakan program Permata Sakti yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama 50 perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Ia mengatakan karena kondisi pandemi virus korona (covid-19)m maka pembelajaran secara tatap muka tersebut belum memungkinkan untuk dilaksanakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berharap ke depannya, bisa dilaksanakan secara tatap muka, karena bisa berkunjung ke suatu tempat dan melihat suasana tentu akan lebih baik," ujar Koordinator Permata Sakti Unsyiah itu.
 
Baca:ITS Buka Kelas untuk Mahasiswa PTN Lain
 
Ia menyebutkan ada 101 mahasiswa inbound yang akan mengikuti program Permata Sakti di Unsyiah. Pihaknya menyajikan tujuh mata kuliah yang tersebar pada tiga fakultas. Fakultas Teknik sebanyak satu mata kuliah. Kemudian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) masing-masing 3 mata kuliah.
 
Koordinator Program Permata Sakti Universitas Jember Bambang Sudjarnako mengatakan, Permata Sakti 2020 ini telah dirancang sedemikian rupa agar menjadi titik tolak dari program Kampus Merdeka untuk tahun-tahun mendatang.
 
Ia mengatakan semua prosedur pada program tersebut telah tersistem dengan baik. Termasuk, prosedur untuk registrasi dari PTN lain, sehingga data mahasiswa bisa langsung terkoneksi ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif