Gedung PP Muhammadiyah. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Gedung PP Muhammadiyah. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Muhammadiyah Tegaskan Tidak Terlibat dalam Evaluasi Lanjutan POP

Pendidikan Kebijakan pendidikan Merdeka Belajar
Muhammad Syahrul Ramadhan • 30 Juli 2020 18:48
Jakarta: Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Didaksmen) PP Muhammadiyah, Baedhwoi menegaskan, bahwa Muhammadiyah tidak mau terlibat dalam evaluasi lanjutan Program Organisasi Penggerak (POP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebab menurutnya, evaluasi lanjutan tersebut merupakan urusan internal Kemendikbud.
 
Pada Selasa, 28 Juli 2020 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meminta maaf kepada Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan PGRI terkait polemik POP. Selain itu Nadiem juga meminta bimbingan ketiga organisasi tersebut untuk keberlanjutan POP.
 
“Kami melihat bahwa evaluasi lanjutan itu urusan Kemendikbud, yang menyiapkan Kemendikbud, kesiapannya ada di sana, kami tidak ikut menyiapkan. Nanti malah enggak jelas, karena itu kami enggak ikut evaluasi itu biarlah Kemendikbud sendiri,” kata Baedhowi dalam webinar 'Mau Dibawa Kemana Pendidikan Indonesia', Kamis, 30 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Beda Suara di Internal Muhammadiyah Terkait POP
 
Ini, tegas Baedhowi, merupakan bentuk konsistensi Muhammadiyah. Tidak terlibat dalam POP maupun evaluasi lanjutan. “Muhammadiyah tetap konsisten dengan keputusan, baik itu mundur dari POP, tidak mau terlibat dalam urusan evaluasi lanjutan,” terangnya.
 
Teranyar Mendikbud menyambangi Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah kemarin. Ia datang untuk meminta maaf secara langsung kepada jajaran Muhmmadiyah terkait polemik Program Organisasi Penggerak (POP).
 
"Silaturrahim biasa saja. Beliau menyampaikan permintaan maaf atas terkait POP," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti kepada Medcom.id, Rabu, 29 Juli 2020.
 

(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif