Kampus Universitas Mercu Buana. Foto: Dok.UMB
Kampus Universitas Mercu Buana. Foto: Dok.UMB

Mercu Buana Gelar Seleksi Beasiswa untuk Mahasiswa Asing

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 08 April 2020 13:06
Jakarta: Universitas Mercu Buana (UMB) semakin diminati mahasiswa asing, khususnya setelah menyandang akreditasi internasional dari lembaga Accreditation for International Schools, Colleges, and Universities (ASIC). Terbukti, sebanyak 36 calon mahasiswa asing yang berminat mengikuti seleksi sebagai mahasiswa Universitas Mercu Buana tahun ini.
 
“Ini seleksi perdana bagi mahasiswa asing yang dilakukan secara terbuka. Para calon mahasiswa asing itu berasal dari negara-negara di Asia,” kata Direktur Pemasaran UMB, Irmulansati saat meninjau kesiapan seleksi bagi mahasiswa asing di kampus UMB, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 8 April 2020.
 
Irmulansati menegaskan, seleksi calon mahasiswa asing ini terbuka untuk mendapatkan kesempatan menikmati beasiswa selama empat tahun. Khususnya bagi calon mahasiswa program studi S1 manajemen dan teknik informatika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahapan seleksinya, sambung Irmulansati, berlangsung secara ketat. Setidaknya calon mahasiswa ini harus lolos dua tahapan.
 
Pertama, tes tertulis secara online dan kedua, tes wawancara. “Tes tertulis secara online berlangsung tiga sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada Jumat, 27 Maret 2020, sesi kedua pada Jumat, 24 April 2020 dan sesi ketiga pada 14 Mei 2020,” sebutnya.
 
Seleksi online tiga sesi itu, sambung Irmulansati sangaja dilakukan untuk mempemudah sekaligus melakukan seleksi secara ketat. Mengingat pada tiga sesi tersebut didominasi mahasiswa dari tiga negara, yakni calon mahasiswa asal Malaysia, calon mahasiswa asal Timor Leste, dan Thailand.
 
Kepala Bagian Seleksi UMB, Arihta Tarigan menambahkan, wabah virus Covid-19 ini tidak menghalangi mahasiswa asing untuk berkuliah di UMB. Makanya perlu mempersiapkan model seleksi online.
 
Sekaligus proses pendaftarannya pun bebasis online. “Dari hasil pendaftaran itu tidak hanya mahasiswa asal Malaysia, Timor Leste dan Thailand, terdapat pula calon mahasiswa dari Afrika dan India,” ujar Arihta.
 
Bagi mahasiswa yang lolos seleksi Beasiswa ini, akan segera berkuliah di kampus UMB Meruya, Jakarta Barat. Khususnya kelas berpengantar Bahasa Inggris. Para mahasiswa asing tersebut mengambil program studi S1 Manajemen dan Teknik Informatika
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif