NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Dede Susianti
Ilustrasi. Foto: MI/Dede Susianti

10 Museum Bisa Diakses Secara Digital

Pendidikan Virus Korona
Muhammad Syahrul Ramadhan • 16 Maret 2020 20:19
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan pelajar maupun masyarakat umum tetap bisa mengakses museum secara digital. Tercatat ada 10 Museum di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud yang ditutup sementara sebagai bentuk pencegahan meluasnya virus Korona di ruang publik.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menjelaskan, bahwa museum tersebut kini bisa diakses dengan platform teknologi. Platform ini kerja sama dengan Google.
 
"Sejak beberapa waktu yang lalu, Kemendikbud telah bekerja sama dengan Google, dan resmi memasukkan beberapa museum dan situs di Indonesia ke dalam Platform Google Arts and Culture," kata Nadiem dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dijelaskan,Platform ini dioperasikan melalui satu teknologi baru besutan Google yang dinamakan Art Camera and Google Cardboard. Sehingga penutupan museum diharapkan tidak berpengaruh kepada masyarakat secara umum maupun pelajar, karena sudah dapat dengan mudah mengakses informasi budaya Indonesia.
 
Baca juga:Daftar 10 Museum yang Ditutup Sementara
 
Bahkan, museum tersebut dapat dinikmati menggunakan virtual reality melalui ponsel dengan aplikasi Google Arts and Culture.
 
Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menyampaikan beberapa informasi budaya Indonesia lainnya dapat dinikmati melalui aplikasi iGoogle Arts and Culture tersebut. Mulai dari menjelajahi Museum Situs Manusia Purba Sangiran dan Museum Nasional.
 
"Sampai berwisata di Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko dengan Virtual Tour 360 derajat," terangnya.
 
Hilmar menjelaskan, Google Arts and Culture mencakup beberapa alat dan sumber daya pendidikan untuk guru dan siswa. Ada video pendidikan, yang tersedia melalui kanal YouTube dan disematkan di halaman web Google Arts and Culture.
 
Kemudian dua halaman yang disebut 'Lihat Seperti Pakar' dan 'DIY' menyediakan beberapa kegiatan untuk pengguna situs, mirip dengan yang sering ditemukan di galeri seni.
 
Selain itu, Hilmar juga menyebut masyarakat juga dapat mengunjungi laman resmi milik museum-museum yang statusnya saat ini sedang ditutup untuk sementara. Sedangkan informasi yang terbaru masyarakat dapat mengikuti akun media sosial resmi Ditjen Kebudayaan dengan akun @budayasaya yang mencakup Instagram, Twitter,danYoutube.
 
"Berbagai layanan digital di bidang kebudayaan ini menjadikan belajar di rumah selama masa penutupan sementara sekolah, kita harapkan menjadi tidak terlalu membosankan," ujar Hilmar Farid.
 
Daftar Museum yang saat ini ditutup sementara:
 
1. Museum Nasional, Jakarta
2. Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor, Jawa Barat
3. Museum Sumpah Pemuda, Jakarta
4. Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta
5. Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta
6. Museum Basuki Abdullah, Jakarta
7. Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta
8. Galeri Nasional, Jakarta
9. Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah
10. Balai Konservasi Borobudur, Jawa Tengah
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif