Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Dokumentasi Humas ITB
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Dokumentasi Humas ITB

ITB Bakal Maksimal Bantu Pemulihan Ekonomi

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 12 Agustus 2020 15:01
Jakarta: Rektor Institut Teknlogi Bandung (ITB) Reini D. Wirahadikusuma mengatakan pihaknya bakal terus berupaya meningkatkan kontribusi dalam pemulihan ekonomi dari krisis akibat pandemi virus korona (covid-19). ITB berkomitmen membantu memulihkan ekonomi Jawa Barat dan nasional.
 
"Kebijakan pemerintah pusat tentunya harus didukung oleh ITB kita akan meningkatkan kontribusi dalam mendukukung kebijakan pemulihan ekonomi," kata Reini dalam webinar ITB, Rabu, 12 Agustus 2020.
 
Reini menyampaikan banyak yang harus dikorbankan guna mendorong kegiatan ekonomi di masa pandemi, khususnya kesehatan dan keselamatan. Namun, dia meyakini para guru besar dan dosen ITB bisa membantu memberikan solusi yang tepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mendorong kegiatan di sektor ekonomi banyak trade off, apalagi rangkaian kegiatannya kompleks. Tapi saya yakin teman-teman para kolega, dapat menyediakan alat-alat modeling optimalization, menghasilkan skenario-skenario pemulihan ekonomi dan lain-lain," terangnya.
 
Baca:Kejar Capaian Pembelajaran, ITB Tingkatkan Kualitas Kuliah Daring
 
Reini menyampaikan, banyak hasil riset dan inovasi yang bisa membantu pengusaha, terutama usaha kecil dan menengah (UKM). Salah satunya, penyediaan teknologi digital, agar pelaku UKM bisa melakukan kegiatan perekonomian secara daring.

"ITB punya kapabilitas yang tinggi untuk meneyediakan teknologi digital untuk mendukung berbagai kegiatan sosial ekonomi secara daring," sambungnya.
 
Meski begitu, kata dia, ini tidak bisa dilakukan hanya dengan satu disiplin ilmu. Menurut Reini, perlu adanya kerja sama multidsiplin ilmu untuk benar-benar bisa berkontribusi untuk pemulihan ekonomi nasional.
 
"Untuk itu perlu bekerja secara multidisplin, tentunya juga lintas fakultas, lintas sekolah. Perlu proaktif menawarkan gagasan, kepada pemerintah, kalangan usaha, dan UKM," jelas dia.
 
ITB juga akan berkontribusi untuk ketahanan dan daya saing ekonomi nasional. Selain itu, meningkatkan kontribus dalam hal penelitian dan pengembangan lintas disiplin di bidang biomedic, medical science and engginering.
 
"Ini akan dibutuhkan untuk penguatan ketahan bangsa di bidang kesehatan," ujarnya.
 
(AGA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif