Ilustrasi undang-undang. Medcom.id
Ilustrasi undang-undang. Medcom.id

UU TPKS Disahkan, Permendikbudristek PPKS Bisa Jadi Regulasi Khusus di Kampus

Ilham Pratama Putra • 13 April 2022 12:42
Jakarta: Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) telah disahkan. UU TPKS menjadi regulasi umum yang berlaku di masyarakat.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengeluarkan Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan perguruan tinggi. Permendikbudristek itu disebut bakal bersifat khusus bagi perguruan tinggi.
 
"UU TPKS merupakan regulasi umum atau lex generalis dan Permendikbudristek tentang PPKS bisa sebagai regulasi secara khusus atau lex spesialis bagi PPKS di lingkungan perguruan tinggi sesuai Permendikbudristek," kata Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho, kepada Medcom.id, Rabu, 13 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jamal menuturkan melalui Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021, kampus mesti membentuk Satgas PPKS. Hal ini menjadi kekhususan yang harus diterapkan perguruan tinggi.
 
"Di kampus sesuai dengan Permendikbudristek tersebut dibentuklah Satgas Penanganan PPKS yang salah satu tugasnya untuk menerima, memeriksa, dan menangani PPKS di kampus," tutur Jamal.
 
Sementara itu, Rektor Universitas Widya Mataram, Edy Suandi Hamid, mengatakan perguruan tinggi mesti menyelaraskan Permendikbudristek PPKS dengan UU TPKS. Kampus harus mengacu pada UU TPKS bila terdapat perbedaan.
 
"Jika ada perbedaan, maka Permendikbudristek dan semua peraturan di kampus terkait TPKS harus memyesuaikan dengan undang-undang ini," ujar Edy.
 
Baca: Majelis Rektor PTN Sebut UU TPKS Satukan Aturan Segala Bentuk Kekerasan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif