Ilustrasi: MI/Gino Hadi
Ilustrasi: MI/Gino Hadi

Disdik: Pembelajaran Bahasa Daerah Jayawijaya Hanya di SD dan PAUD

Antara • 26 Juni 2022 22:20
Wamena:  Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya, provinsi Papua akan menerapkan pembelajaran bahasa daerah Jayawijaya mulai Tahun Ajaran 2022/2023.  Disdik memastikan pembelajaran bahasa daerah Jayawijaya, hanya dilakukan untuk siswa kelas I sekolah dasar dan pada tingkatan pendidikan anak usia dini (PAUD). 
 
"Jadi ini secara bertahap setiap tahun nanti meningkat, sehingga pada akhirnya empat - lima tahun ke depan seluruh Kabupaten Jayawijaya khusus tingkat PAUD, SD dan SMP sudah seluruhnya terlayani dengan pendidikan muatan lokal bahasa daerah," kata Sekretarsis Dinas Pendidikan Jayawijaya Bambang Budiandoyo, Minggu, 26 Juni 2022.
 
Pada tahun ajaran berikutnya, dinas akan menerapkan pada kelas II sekolah dasar, sebab semenjak kelas I mereka sudah mendapat pembelajaran itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, pemerintah setempat meluncurkan pemberlakuan muatan lokal bahasa daerah untuk diterapkan di sekolah-sekolah pada tahun ajaran baru.  Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan pengadaan buku muatan lokal bahasa sedang dilakukan, sehingga dalam waktu dekat sudah bisa dibagikan ke sekolah-sekolah.
 
"Dari hasil komunikasi kami dengan tokoh-tokoh pemerhati pendidikan, dirasa perlu adanya bahasa daerah sehingga kita luncurkan untuk diberlakukan pada tahun ajaran baru," katanya.
 
Muatan lokal bahasa daerah itu nantinya diajar oleh anak-anak asli Papua dari Jayawijaya.  "Terkait tenaga pendidik, kemarin kita cukup banyak mengangkat guru anak putra daerah, mereka ini bisa membantu proses belajar mengajar nanti," katanya.
 
Baca juga: Revitalisasi Bahasa Daerah di Maluku Lewat Cerpen Hingga Stand Up Comedy
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif