Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian. Dok Istimewa.
Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian. Dok Istimewa.

Digitalisasi Pendidikan Program Jokowi Membuat Guru dan Siswa Menguasai Teknologi

Pendidikan Program Pendidikan Digitalisasi Sekolah Digitalisasi Pendidikan
Deny Irwanto • 31 Desember 2021 18:06
Bandung: Akselerasi digital pada sektor pendidikan yang dilakukan era pemerintahan Presiden Joko Widodo membuat guru dan para siswa mahir menggunakan teknologi.
 
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, mengatakan kebijakan tersebut dapat meningkatkan pemahaman para pelajar hingga tenaga pengajar terhadap seluk beluk teknologi.  
 
"Salah satu kuncinya adalah penguasaan teknologi. Karena segala pengetahuan dan keterampilan sangat terbuka luas melalui teknologi," kata Hetifah di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 31 Desember 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hetifah menjelaskan digitalisasi pendidikan mampu meningkatkan akses literasi digital yang akan berdampak pada referensi tanaga pengajar mau pun siswa. Sehingga, literasi digital bisa membuat masyarakat lebih bijaksana dalam memanfaatkan teknologi.
 
Baca: Refleksi Perguruan Tinggi 2021, FRI: Digitalisasi Kampus Kian Nyata
 
"Literasi digital merupakan sesuatu yang kunci. Hal ini (digitalisasi Pendidikan) juga harus terus disesuaikan baik di sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya seperti kampus," jelas Hetifah.  
 
Menurutnya peralihan dari dunia analog menuju era digital merupakan sebuah keniscayaan di era disrupsi. Ia menilai kebijakan Presiden Jokowi mengakselerasikan pendidikan digital patut diapresiasi.
 
"Itu transformasi digital menjadi sesuatu yang niscaya adanya. Karena bisa membuat SDM (Sumber Daya Manusia) SDM Indonesia harus mampu bersaing di ranah global," ujar Hetifah.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif