Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan apresiasi tertinggi kepada para wisudawan melalui Parade Wisuda yang dilaksanakan setiap tahun pada April, Juli, dan Oktober (Foto:Dok.ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan apresiasi tertinggi kepada para wisudawan melalui Parade Wisuda yang dilaksanakan setiap tahun pada April, Juli, dan Oktober (Foto:Dok.ITB)

Perayaan Wisuda April ITB 2022 Dimeriahkan Arak-arakan dan Graduation Tour and Photoshoot

Pendidikan Wisuda ITB Mahasiswa
Rosa Anggreati • 09 Mei 2022 14:56
Bandung: Wisuda menjadi salah satu momen terindah dan paling ditunggu-tunggu oleh seluruh wisudawan. Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan apresiasi tertinggi kepada para wisudawan melalui Parade Wisuda yang dilaksanakan setiap tahun pada April, Juli, dan Oktober.
 
Rangkaian acara Perayaan Wisuda April (Wispril) 2022 dilaksanakan pada 13 Maret hingga 24 April 2022 melalui Arak-Arakan dan Graduation Tour and Photoshoot (GTP) sebagai puncak acaranya.
 
Arak-Arakan merupakan salah satu budaya yang dimiliki oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Setiap HMJ memiliki budaya arak-arakan yang berbeda. Pada perayaan wisuda kali ini, beberapa HMJ kembali mendapatkan kesempatan untuk melakukan perekaman arak-arakan secara offline di lingkungan Kampus Ganesha pada 9, 10, 16, dan 17 April 2022 dengan batas maksimal 20 massa/ HMJ (termasuk wisudawan). HMJ yang tidak berkesempatan atau tidak memperoleh izin untuk melakukan perekaman pada tanggal Arak-Arakan yang sudah ditentukan akan melaksanakan arak-arakan secara online melalui Zoom pada 24 April 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum pandemi covid-19, prosesi arak-arakan dimulai setelah para wisudawan berjalan beriringan dari Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) menuju Sarana Olahraga Ganesha (Saraga) selepas diwisuda. Dari Saraga, HMJ akan mengarak para wisudawan dan melakukan derap dari tunnel hingga tangga sunken. Setelah itu, para wisudawan dibariskan dan para HMJ melakukan orasi atau menyanyikan lagu mars himpunannya masing-masing.
 
Sayangnya, kondisi pandemi menyebabkan prosesi arak-arakan di Wispril 2022 tidak dapat dilaksanakan semeriah itu. Arak-arakan offline kali ini dimulai dari para wisudawan yang diarak menuju plawid. Kemudian, beberapa wisudawan ataupun massa HMJ melakukan orasi selama beberapa menit. Sekalipun dilaksanakan secara terbatas, pelaksanaan arak-arakan offline tetap berhasil membangkitkan semangat dan kebahagiaan dalam diri para massa HMJ dan wisudawan.
 
"Aku awalnya milih arak-arakan offline buat MTM karena aku pikir selagi ada kesempatan, kenapa enggak diambil? Aku senang dan excited banget karena bisa arak-arakan secara offline. Ini jadi hal baru banget buat aku dan teman-teman angkatan 20. Menurutku, sekalipun enggak bisa rekaman bareng banyak orang, kemeriahan dan esensi arak-arakan kali ini tetap terasa. Aku enggak nyangka hasilnya bakal seluar biasa dan sebagus ini!” ucap Gibran Afif, ketua Wisuda April Mahasiswa Teknik Material (MTM) 2022.
 
Prosesi arak-arakan setiap HMJ direkam dan ditayangkan secara dalam jaringan (daring) di kanal YouTube Perayaan Wisuda April ITB 2022 pada Minggu, 24 April 2022. Dalam video tersebut, arak-arakan diawali oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) dan diakhiri oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Pangripta Loka (HMP PL). Hingga artikel ini ditulis, video ini telah ditonton oleh lebih dari 2.000 penonton. Acara tersebut dapat disaksikan melalui tautan ini.
 
Apabila arak-arakan dilakukan secara online, setelah prosesi arak-arakan, para wisudawan akan mengikuti sesi Virtual Photoshoot berbasis daring di dalam breakout room Zoom. Harapannya, mereka dapat mengabadikan momen wisuda mereka melalui sesi ini. Mereka dengan bebas berfoto bersama keluarga ataupun sendirian. Sehabis berfoto secara individual, para wisudawan juga akan berfoto bersama teman sejurusan menggunakan benda perlengkapan wisuda. Hasil foto yang diperoleh akan diedit dengan twibbon Wispril 2022.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif