Ilustrasi. Foto:  Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Komisi X Inisiasi Revisi UU Sisdiknas

Pendidikan Kebijakan pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Desember 2019 16:56
Jakarta: Komisi X DPRI RI saat ini sedang mengakaji untuk melakukan revisi Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional atau yang sering disebut Sisdiknas. Revisi UU tersebut sedang dibahas di Badan Legislatif DPR.
 
Ketua Komisi X, Syaiful Huda mengatakan, revisi ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi peraturan yang tumpang tindih dengan UU Sisdiknas yaitu Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
 
“Tumpang tindih dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lalu juga UU soal pendidikan tinggi. Perlu dilakukan sinkronisasi," kata Huda kepada Medcom.id, di Jakarta, Jumat, 6 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Poin berikutnya, jelas Huda, di dalam UU Guru dan Dosen saat ini juga belum diatur kualitas soal kuantitas dan kedaulatan guru dan dosen. Juga soal belum diaturnya guru dan dosen swasta.
 
Soal daulat guru ini, ia menjelaskan dalam UU Sisdiknas belum memberikan semacam perlindungan terhadap guru, misal ketika ada konflik antara guru dengan murid.
 
“Sesuatu yang dulu tidak terpikirkan, bagaimana menyangkut pengaturan ini apakah begitu saja aparat penegak hukum masuk atau ada diskresi,” ujarnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif