Presiden IDN Global 2017 – 2019 Mark Gerald Eman (kiri). Foto: Medcom.id/ Syahrul Ramadhan.
Presiden IDN Global 2017 – 2019 Mark Gerald Eman (kiri). Foto: Medcom.id/ Syahrul Ramadhan.

Dua Program IDN Global 2019 untuk Diaspora

Pendidikan diaspora indonesia
Muhammad Syahrul Ramadhan • 12 Agustus 2019 03:35
Jakarta: Presiden Indonesian Diaspora Network -Global (IDN-Global) Mark Gerald Eman mengatakan saat ini IDN mempunyai dua program yang diusung untuk para diaspora. Yakni data talent untuk diaspora dan mensukseskan diaspora bond dari Kementerian Keuangan.
 
Gerald mengatakan nantinya diaspora akan didata melalui platform aplikasi Diaspora Connect. Program tersebut bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri.
 
"Kemenlu dan IDN global bersinergi untuk data talent ini. Kalau data talent ini sudah kita punya bisa melakukan banyak hal proyek strategis pemerintah diaspora bisa dikembangkan lebih baik," kata Gerald dalam konferensi pers, di Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gerald menyebut saat ini ada enam sampai delapan juta diaspora yang tersebar di berbagai negara. Diaspora Connect akan menjaring diaspora-diaspora tersebut.
 
"Kita tahu detect diaspora lokasi di mana, expert di mana, bisa detect kalau kembali ke Indonesia juga tahu, jadi kita tahu exactly diaspora-diaspora yang sudah connect dengan apps,"ujarnya.
 
"Ini membuat lebih akurat talent diaspora kita di seluruh dunia," lanjut dia.
 
Untuk diaspora bond Gerald mengatakan IDN berperan menyukseskan program kementrian keuangan tersebut. Diaspora bisa langsung membangun indonesia surat utang indonesia bisa langsung mereka bisa investasi.
 
"Bentuk kontribusi langsung diaspora untuk Indonesia," ujarnya.
 

(EKO)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif