Putra pertama Presiden ke-3 Indonesia Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Ilham Akbar Habibie. Foto: Media Indonesia
Putra pertama Presiden ke-3 Indonesia Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Ilham Akbar Habibie. Foto: Media Indonesia

Penilaian Ilham Habibie Soal Perguruan Tinggi Indonesia

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Daviq Umar Al Faruq • 17 Oktober 2019 16:27
Malang: Putra pertama Presiden ke-3 Indonesia Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Ilham Akbar Habibie menyebutkan kondisi perguruan tinggi di Indonesia saat ini secara umum mengalami banyak perbaikan. Namun di sisi lain masih ada banyak tantangan yang harus dihadapi.
 
"Saya kira yang saya mengerti dari banyak ucapan banyak orang, keinginannya adalah kita kualitasnya mau ditingkatkan lebih lagi," kata Ilham di Malang, Kamis 17 Oktober 2019.
 
Ilham mencontohkan beberapa perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah masuk dalam 500 perguruan tinggi terbaik dunia. Seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi kenapa tidak top 100? Kita kan negara besar, kenapa kebanyakan dari Cina atau yang paling banyak Amerika dan Inggris, kenapa tidak dari Indonesia? Kenapa tidak, kan boleh bermimpi," bebernya.
 
Pendiri PT Regio Aviasi Industri itu menyarankan, agar perguruan tinggi di Indonesia saat ini melakukan banyak inovasi. Salah satunya dengan mengintegrasikan teknologi secara lebih bijak ke dalam kurikulum.
 
"Ada yang seperti STEM Based Learning. Jadi belajar belajar project based itu sangat membantu. Tidak berarti semuanya seperti itu. Tapi ada anak-anak yang bisa belajar lebih mudah kalau dia melihat aplikasi yang cepat," jelasnya.
 
"Kedua perlu ada inkubator. Bukan saja untuk membantu orang sukses menjadi entrepreneur. Tapi sebetulnya itu juga merupakan refleksi kepada dirinya. Apakah ada hal-hal yang bisa disampaikan lebih baik ke mahasiswa agar dia lebih sukses," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif