Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Perguruan Tinggi Harus Penuhi Kebutuhan Industri

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 25 Juni 2019 16:41
Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus berusaha meningkatkan mutu perguruan tinggi. Dengan mengembangkan kerangka dan pengakuan kualifikasi perguruan tinggi.
 
"Pertama dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi jalannya akreditasi," kata Menteri Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, saat ditemu usai menghadiri seminar bertajuk "Kerangka dan Pengakuan Kualifikasi Perguruan Tinggi di Era Digital, di Jakarta Selatan, Selasa 25 Juni 2019.
 
Nasir menuturkan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi selain akreditasi, kemampuan mahasiswa dan dosen juga harus ditingkatkan. Pendidikan di perguruan tinggi kini juga harus memenuhi kebutuhan industri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan, salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah lewat kerja sama internasional yang dilakukan antarperguruan tinggi. "Upayanya adalah staf mobility, di mana dosen Indonesia bisa berkolaborasi dengan dosen yang ada di luar negeri, begitu juga dosen yang ada di luar negeri bisa datang ke Indonesia," terangnya.
 
Baca:Standar Kualifikasi Pendidikan Tinggi ASEAN Diharmonisasi
 
Selain itu, ada juga student mobility, mahasiswa Indonesia belajar di luar negeri dan begitu pula sebaliknya. Menurutnya hal tersebut sangat penting bagi perguruan tinggi Indonesia untuk bisa meningkatkan mutu pendidikannya.
 
"Hal yang penting adalah bagaimana mutu pendidikan tinggi Indonesia bisa jadi lebih baik dan bisa mengikuti perubahan global. Jangan sampai di dalam kita merasa lebih baik tapi di luar negeri kita tidak bisa apa-apa," ujarnya.
 
Menurutnya kolaborasi dengan perguruan tinggi luar negeri akan berdampak pada perguruan tinggi dalam negeri. Sehingga akreditasi luar negeri menjadi sangat penting sebagai ukurannya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif