Kampus UI. Foto/Dok. UI
Kampus UI. Foto/Dok. UI

UI Ingatkan Aksi Mahasiswa Agar Tak Disusupi Provokator

Pendidikan demo mahasiswa
Intan Yunelia • 24 September 2019 13:57
Jakarta:Universitas Indonesia (UI) mempersilakan mahasiswanya menyampaikan aspirasi terkait penolakan terhadap Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Namun, pihak kampus mewanti-wanti agar mahasiwa tak terprovokasi upaya-upaya penyusup yang ingin mengacaukan suasana.
 
“Rektor UI mengimbau dan meminta kepada seluruh sivitas akademika untuk senantiasa waspada, tetap berhati-hati, tidak mudah terprovokasi serta berupaya mengedepankan dialog serta diskusi dalam membangun kebersamaan sesama anak bangsa,” kata Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Selasa, 24 September 2019.
 
Pihak kampus, kata Rifelly, juga meminta mahasiwa menyampaikan aspirasi dengan cara-cara yang tertib dan damai. Tanpa menimbulkan gangguan dan kerugian apalagi sampai perusakan fasilitas-fasiltas publik yang dapat mengganggu hajat hidup orang banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami juga meminta agar mahasiswa selalu menjaga ketertiban sosial, selalu mematuhi imbauan dan arahan dari petugas penegak hukum, serta tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum atau aturan yang berlaku,” ujar Rifelly.
 
Sebelumnya, aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR memanas. Massa yang terdiri dari ratusan mahasiswa itu mulai anarkis.
 
Pantauan Medcom.id, mahasiswa mulai merusak dan berupaya merobohkan gerbang. Mereka juga terlihat melakukan coret-coret pagar dan berupaya memprovokasi aparat dengan melempar botol air mineral ke polisi yang berjaga. Namun, polisi tidak terpancing.
 
Massa datang ke DPR RI untuk menolak sejumlah pasal yang ada di Rancangan Undang-Undang (RUU) serta revisi RUU yang dinilai bermasalah. Di antaranya RUU KUHP, revisi UU KPK, dan UU Pemasyarakatan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif