Sesjen Kemendikbudristek, Suharti (kanan) dan Menteri Pendidikan Selandia Baru, Hon Chris Hipkins (kiri). Foto: BKHM
Sesjen Kemendikbudristek, Suharti (kanan) dan Menteri Pendidikan Selandia Baru, Hon Chris Hipkins (kiri). Foto: BKHM

Indonesia dan Selandia Baru Bahas Potensi Kerja Sama Pendidikan

Citra Larasati • 27 Oktober 2022 19:09
Jakarta:  Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pendidikan Selandia Baru, Hon Chris Hipkins.  Pertemuan tersebut mendiskusikan potensi kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Selandia baru, khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia.
 
Tak hanya itu, dirumuskan pula naskah nota kesepahaman bidang pendidikan antara Indonesia dan Selandia Baru.  Selama diskusi, delegasi Kemendikbudristek dan Selandia Baru saling bertukar informasi mengenai fokus pendidikan saat ini di masing-masing negara.
 
Suharti menyebut, fokus kementerian mencakup peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan peningkatan kualitas institusi pendidikan di Indonesia melalui pelatihan. Juga melalui penyediaan dana abadi pendidikan, program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI), pengembangan riset, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, serta peningkatan pengajaran Bahasa Indonesia di luar negeri.  
 
“Kami mengusulkan pembukaan institusi Selandia Baru di Indonesia yang dapat berupa pembukaan fakultas, program dual degree dan atau pusat penelitian di institusi pendidikan di Indonesia,” lanjut Suharti.  
 
Menyambung hal itu, Menteri Pendidikan Selandia Baru menyampaikan bahwa fokus pendidikan di Selandia mencakup pelatihan guru, penguatan riset, dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam hal riset, Selandia Baru memiliki keunggulan dan fokus di bidang energi terbarukan, perubahan iklim dan pengelolaan pangan.  
 
“Kami turut berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan secara global melalui program beasiswa Perdana Menteri,” sambung Hon Chris.  
 
Pertemuan bilateral menyepakati penguatan kerja sama dalam bidang riset, pelatihan guru, program pembelajaran/pertukaran siswa melalui program New Zealand Global Competence Certificate, pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa di kedua negara, peningkatan keahlian bidang vokasi, serta pertukaran mahasiswa dan lecturer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Menteri Pendidikan Selandia Baru menyambut baik usulan pembukaan institusi pendidikan Selandia Baru di Indonesia. Hasil pertemuan tersebut menyepakati komitmen kedua pihak untuk menindaklanjuti perumusan naskah Memorandum Saling Pengertian bidang pendidikan antara Indonesia dan Selandia Baru dengan menyesuaikan kebutuhan kedua negara saat ini.  
 
Dalam pertemuan tersebut, Sesjen didampingi oleh pejabat teknis Kemendikbudristek, yaitu Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktur Guru Pendidikan Dasar, Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri; Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat; serta Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat.  
Baca juga:  Ini Kriteria yang Bakal Didahulukan Dapat Formasi pada Seleksi Guru PPPK 2022

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif