Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

UNESCO: Target Pendidikan Inklusif 2030 Sulit Tercapai

Pendidikan pendidikan UNESCO Kualitas Pendidikan Pendidikan Inklusi
Antara • 24 Januari 2022 21:58
Jakarta: Badan PBB untuk pendidikan, keilmuan dan kebudayaan atau UNESCO melaporkan target keempat dalam pembangunan berkelanjutan atau SDG’s mengenai pendidikan inklusif dan berkualitas serta sepanjang hayat pada 2030 sulit tercapai. UNESCO mengingatkan para pemimpin dunia, karena jutaan anak kehilangan belajar di sekolah dan pembelajaran berkualitas. 
 
Negara-negara peserta mengidentifikasi target mereka pada 2025 dan 2030 terhadap SDG’s keempat yang memiliki indikator partisipasi pada jenjang PAUD, tingkat kehadiran di sekolah, tamatan sekolah, kemahiran dalam membaca dan matematika, guru terlatih, dan pengeluaran untuk pendidikan masyarakat.
 
Komitmen tersebut dibuat untuk mengakselerasi kemajuan sekarang dan terhadap tingkat yang dicapai negara-negara dari tahun 2000 hingga 2015. Temuan menunjukkan bahwa jika negara mencapai tolok ukur mereka, tetap saja dunia belum bisa mencapai target SDG’s keempat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KPAI Catat 5.953 Kasus Pelanggaran Hak Anak Selama 2021
 
Hasil kajian ini bahkan belum memperhitungkan potensi konsekuensi covid-19 pada pengembangan pendidikan. Direktur Institut Statistik UNESCO, Silvia Montoya menyebut ini adalah langkah maju, lantaran sekitar dua pertiga negara di dunia secara realistis menilai peluang mereka untuk mencapai tujuan SDG’s keempat. 
 
"Ini sangat penting bahwa negara-negara menganggap diri mereka bertanggung jawab atas komitmen untuk anak-anak. Namun, hampir setengah jalan menuju tenggat waktu, diperkirakan tidak akan mendekati target 2030," kata Silvia, Senin, 24 Januari 2022. 
 
Menurut dia, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mendorong semua negara untuk menyerahkan tolok ukur dan menentukan kebijakan prioritas sebelum 2030.
 
Laporan juga menunjukkan bahwa menurut perhitungan masing-masing negara, Amerika Latin dan Karibia serta Asia Tengah dan Selatan berada pada jalur untuk mencapai pendidikan anak usia dini yang universal.
 
Sementara Afrika sub Sahara, Afrika Utara dan Asia Barat tidak akan mencapai tujuan itu. Diperkirakan sekitar dua dari tiga anak akan terdaftar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada 2030.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif