Seorang siswa SMA Pradita Dirgantara sedang melakukan praktik program bank kedelai. Dok SMA Pradita Dirgantara.
Seorang siswa SMA Pradita Dirgantara sedang melakukan praktik program bank kedelai. Dok SMA Pradita Dirgantara.

Bank Kedelai, Inovasi Pembelajaran SMA Pradita Dirgantara Selama Pandemi

Pendidikan Virus Korona sekolah Kenormalan Baru
Arga sumantri • 25 September 2020 19:12
Jakarta: SMA Pradita Dirgantara menginisiasi program bank kedelai. Program ini jadi salah satu inovasi pembelajaran yang dilakukan sekolah bertaraf internasional tersebut di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"Program bank kedelai merupakan alternatif untuk melatih dan memberikan pengalaman belajar kontekstual kepada anak-anak. Pemahaman tentang proyek pembelajaran dasar ini memberikan pemahaman tentang makna hidup yang sebenarnya," kata Manajer Penjaminan Mutu SMA Pradita Dirgantara, Sutanto, melalui siaran pers, Jumat, 25 September 2020.
 
Sutanto menerangkan, sebuah penelitian di Jepang menyatakan kalau anak muda saat ini semakin sedikit minatnya terhadap dunia agrikultur. Mereka lebih tertarik pada teknologi. Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Sutanto dan teman-teman guru SMA Pradita Dirgantara lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Inilah yang menjadi kekhawatiran terhadap generasi bangsa Indonesia yang jelas-jelas bangsa kita memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Inilah yang harus kita tonjolkan pada dunia. Bank kedelai menjadi program belajar yang bermakna untuk siswa agar mereka juga dapat menjadi duta pangan, misalnya," jelas Sutanto.
 
Menurut dia, bank kedelai memberikan sejumlah pengalaman belajar kepada siswa, yaitu tentang sekolah hijau atau green school, dan pembelajaran kontekstual terintegrasi. Konsep ini dikembangkan SMA Pradita Dirgantara, meski dalam situasi pandemi.

 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif