Pengukuhan dua guru besar UNS yang digelar secara daring. Foto: UNS/Humas
Pengukuhan dua guru besar UNS yang digelar secara daring. Foto: UNS/Humas

Pertama Kali, Pengukuhan Guru Besar Daring di UNS

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi Guru Besar
Triawati Prihatsari • 20 Mei 2020 19:52
Solo: Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Sidang Senat terbuka Daring Pengukuhan dua guru besar (Gubes) Fakultas Kedokteran, Rabu, 20 Mei 2020. Pengukuhan guru besar secara daring ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan UNS di tengah pandemi covid-19.
 
Dua Guru Besar tersebut adalah Prof. Ari Natalia Probandari dr. MPH PhD. dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat, serta Prof. Reviono dr. SpP (K) dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi. Keduanya merupakan guru besar ke 43 dan 44 Fakultas Kedokteran UNS, serta guru besar ke 220 dan 221 UNS Solo.
 
“Kehadiran dua orang sejawat guru besar baru ini menambah jumlah guru besar UNS menjadi 220 orang. Sebanyak 122 orang di antaranya merupakan guru besar aktif,” urai Rektor UNS, Jamal Wiwoho.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Film Tari Garapan Dosen UNS Berjaya di Amerika
 
Menghadapi pandemi covid-19, lanjut Jamal, para akademisi perlu berevolusi untuk mengikuti perubahan besar yang terjadi. Menurut Jamal, pertaruhannya adalah bagaimana akademisi mampu menjaga eksistensi keilmuan dan relevansi di masyarakat.
 
"Mitigasi pandemi covid-19 harus dilakukan dengan kesadaran kolektif dan cara kerja baru yang lebih inklusif, cepat, dan tepat dalam menjawab persoalan. Semoga kehadiran dua guru besar ini akan menambah produktivitas pemikiran-pemikiran kritis yang konstruktif Senat UNS,” ucapnya.
 
Sementara itu, dalam pengukuhannya, Ari Natalia Probandari membacakan pidato pengukuhan dengan judul Covid-19 Pandemic and Indonesian Health Systems Resilience: Lessons Learned and Ways Forward. Sedangkan Reviono membacakan pidato pengukuhan dengan judul Covid-19 Penyakit Seribu Wajah, Seribu Masalah.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif