Rektor ITB Reini D. Wirahadikusuma. Zoom
Rektor ITB Reini D. Wirahadikusuma. Zoom

Kejar Capaian Pembelajaran, ITB Tingkatkan Kualitas Kuliah Daring

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 12 Agustus 2020 10:06
Jakarta: Pembelajaran di perguruan tinggi pada masa pandemi virus korona (covid-19) pada Tahun Akademik 2020-2021 digelar secara daring. Intstitut Teknologi Bandung (ITB) mengupayakan adanya peningkatan kualitas perkuliahan daring di tahun akademik baru dalam situasi pandemi.
 
Rektor ITB Reini D. Wirahadikusuma, menyampaikan, metode perkuliahan daring memang memungkinkan untuk melakukan pembelajaran dengan mobilitas dan interaksi minimal, sehingga keamanan dan kesehatan bisa terjaga. Namun, di sisi lain ada yang dikorbankan, yakni capaian pembelajaran tidak maskimal.
 
"Untuk mengejar tingkat capaian tersebut, kualitas kuliah daring kita tingkatkan sebaik-baiknya," kata Reini dalam Webinar ITB, Rabu, 12 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, untuk kegiatan perkuliahan praktik atau tugas akhir mahasiswa yang membutuhkan laboratorium atau workshop, ITB membuka akses untuk digelar secara luring. Ini jadi bentuk pengecualian aktivitas prioritas sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.
 
Baca:UGM Kembali Menduduki Peringkat Terbaik di Indonesia
 
Reini mengaskan, ITB akan menerapakan protokol kesehatan ketat selama kegiatan di lingkungan kampus. "Memang kegiatan tertentu perlu offline di sini kita harus menjalankan protokol covid-19 secara disiplin," tegasnya.
 
Reini menambahkan, protokol kesehatan ini sudah disosialisasikan oleh tim Satgas Covid-19 ITB. Diharapkan semua bisa menerapkan dengan disiplin dan saling mengingatkan.
 
"Mengimbau saling mengingatkan, saling peduli, seseorang kita duga membahayakan keselamatan, kita tegur. Teguran ringan ini bisa menyelamatkan," tuturnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif