ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Tanggapan Kemendikbudristek Soal MA Batalkan SKB Seragam Sekolah

Pendidikan Sekolah toleransi beragama Kebijakan pendidikan seragam sekolah
Media Indonesia, Citra Larasati • 07 Mei 2021 18:49
Jakarta:  Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghormati putusan Mahkamah Agung terkait uji materiil Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri tentang Seragam Sekolah.  Dikutip dari laman MA, permohonan uji materi SKB itu dikabulkan oleh majelis hakim.
 
"Saat ini, Kemendikbudristek tengah mempelajari putusan yang dimaksud serta berkoordinasi erat dengan Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri," kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek, Jumeri, Jumat, 7 Mei 2021.
 
Bagi Kemendikbudristek, kata Jumeri, upaya menumbuhkan dan menjaga semangat kebinekaan, toleransi, moderasi beragama, serta memberikan rasa aman dan nyaman warga pendidikan dalam mengekspresikan kepercayaan dan keyakinannya di dalam lingkungan sekolah negeri merupakan hal mutlak yang harus diterapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga mengucapkan terima kasih atas besarnya dukungan yang diberikan masyarakat." ujarnya.
 
Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menghormati putusan Mahkamah Agung (MA) terhadap uji materi Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terkait atribut dan seragam sekolah. Dikutip dari laman MA, permohonan uji materi SKB itu dikabulkan oleh majelis hakim.
 
"Kemendagri menghormati keputusan yang sudah ditetapkan oleh MA," ujar Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan saat dihubungi, Rabu, 5 Mei 2021.
 
Baca juga:  Isi Lengkap SKB 3 Menteri Terkait Penggunaan Seragam Sekolah
 
Setelah mendapatkan dokumen salinan putusan resmi, pihaknya akan mempelajari dengan seksama. Itu menjadi dasar bagi Kemendagri untuk menentukan langkah lebih lanjut.
 
 
Halaman Selanjutnya
MA mengabulkan uji materi SKB…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif