Sertifikat Akreditas Prodi Biosain UNS
Sertifikat Akreditas Prodi Biosain UNS

Prodi Biosain UNS Raih Akreditasi A

Pendidikan Pendidikan Tinggi Akreditasi Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 04 Desember 2020 09:50
Jakarta:  Program Studi (Prodi) Biosain pada Program Magister Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
 
Akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor : 6852/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Biosain pada Program Magister UNS.  Surat tersebut ditandatangani langsung Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, T. Basaruddin pada Oktober 2020 lalu.
 
Dalam proses akreditasi ini, prodi Biosain harus melengkapi sejumlah berkas yang diminta sebagai persyaratan untuk reakreditasi. Adapun asesmen dilakukan secara daring dengan asesor dari BAN-PT adalah Prof. Dr. Tati Suryati Syamsudin, DEA dari Intitut Teknologi Bandung, Prof. Burhanudin Arafah dari Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar dan Prof. Dr. Yosephine Sri Wulan Manuhara, M.Si (Departemen Biologi) Universitas Airlangga, Surabaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Prodi Biosain FMIPA UNS, Ari Susilowati mengatakan, bahwa persiapan akreditasi dilakukan secara maksimal sejak jauh-jauh hari dengan melibatkan mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dosen, tim borang, tenaga kependidikan, unit layanan, unit penjaminan mutu pengelola program studi baik di pascasarjana maupun FMIPA.  Selain itu pimpinan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP).
 
Baca juga:  Mahasiswa IPB: Teknologi Blockchain Mampu Atasi Masalah Ketahanan Pangan
 
Lebih lanjut Ari mengatakan, meski awalnya diliputi rasa khawatir, namun dengan kerja keras dan keyakinan akhirnya biosain mampu mendapatkan nilai A.
 
“Awalnya Saya takut dan khawatir, kalau tidak berhasil mendapatkan nilai maksimal, tapi saya juga yakin kalau Prodi Biosain mempunyai kualitas yang bagus untuk bisa mendapatkan nilai A,” ujar Ari, Jumat, 4 Desember 2020.
 
Selama proses persiapan akreditasi ada pendampingan dari LPPMP UNS melalui Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Ditingkat Fakultas ada pendampingan dengan diberi dua orang asesor internal.
 
Dengan diperolehnya nilai akreditasi A, menunjukkan bahwa Prodi Biosain benar-benar bagus, karena asesornya menilai dengan sangat efisien di setiap butir borang. Ari mengatakan, bahwa pihaknya bisa meyakinkan asesor jika Prodi Biosain bekerja dengan pendekatan ilmu terkini di bidang biologi molekuler, NGS (Next Generation Sequencing), isozim dengan sds page dan nano teknologi, kultur in vitro sel hewan dan tumbuhan.
 
Hal ini disampaikan dengan menunjukkan video pekerjaan di laboratorium dan penelitian tesis mahasiswa dan dosen.  "Asesor juga merasa puas dan senang ketika berdioalog baik dengan mahasiswa, alumni maupun pengguna,” ujar Ari lebih lanjut.
 
Ari juga mengatakan bahwa keberhasilan biosain memperoleh nilai akreditasi A tidak terlepas dari kerja keras berbagai pihak. Baik dari Unit Pengelola Program Pascasarjana, Pimpinan Universitas maupun FMIPA. 
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif