Sejumlah remaja menampilkan Tari Sireh dalam penutupan rangkaian Seniman Pengajar 2019 di Lombok Utara. Medcom.id/Fachri Audia.
Sejumlah remaja menampilkan Tari Sireh dalam penutupan rangkaian Seniman Pengajar 2019 di Lombok Utara. Medcom.id/Fachri Audia.

Tim Seniman Pengajar Temukan Komunitas Seni 'Tersembunyi'

Pendidikan Berita Kemendikbud
Fachri Audhia Hafiez • 04 September 2019 07:04
Tebango: Tim Seniman Pengajar 2019 menemukan sejumlah komunitas kesenian aktif di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, komunitas tersebut hanya berkesenian di wilayahnya.
 
"Teman-teman di sini jarang bergaul dengan komunitas di kecamatan lain khusus Lombok Utara. Banyak teman-teman yang tidak tahu menahu soal kelompok seni di daerah lain," kata anggota tim Seniman Mengajar 2019 Bidang Seni Rupa Arief Hadinata saat berbincang dengan Medcom.id di Dusun Tebango, Desa Pemenang, Lombok Utara, NTB, Selasa, 3 September 2019.
 
Arief mengatakan temuan ini merupakan bagian dari program Seniman Mengajar yang berjuluk ekspedisi peduli. Ia fokus pada manajemen kesenian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah menemui komunitas tersembunyi itu, Arief berinisiatif mempertemukan para komunitas yang berada dalam satu kabupaten itu. Ia menggerakkan para komunitas agar mereka saling terhubung dan membuka jaringan komunitas lebih luas.
 
Ia menyayangkan potensi komunitas seperti ini tak pernah terekspos sebelumnya. Padahal mereka menekuni kebudayaan lokal.
 
"Kalau dikembangkan meningkatkan sektor pariwisatanya di Kabupaten Lombok," ujar Arief.
 
Seniman Mengajar merupakan bagian program Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini dirancang sebagai ruang dialog, kolaborasi, dan partisipasi antara seniman dengan masyarakat di daerah.
 
Program ini menjadi wadah bertukar informasi, pengetahuan, berkarya, serta membangun jejaring guna menciptakan ekosistem seni yang dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif