Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro (tengah) saat jumpa pers tentang Jembatan Lengkung LRT.  Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro (tengah) saat jumpa pers tentang Jembatan Lengkung LRT. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia

Insinyur Indonesia Ciptakan Jembatan Lengkung Pertama di Dunia

Pendidikan inovasi
Intan Yunelia • 07 Januari 2020 12:50
Jakarta: Prestasi anak bangsa di bidang konstruksi hadir dari srikandi Tanah Air. Insinyur Arvilla Delitriana menciptakan jembatan lengkung pertama di dunia dalam proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek).
 
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan, inovasi jembatan lengkung ini tidak membutuhkan tambahan bentangan. Lengkungan struktur dikuatkan dengan bentangan rel tersebut.
 
"Itulah tentunya inovasi yang bisa kita lakukan, terkonstruksi dan ini sangat berkaitan dengan upaya kita untuk membangun ini," kata Bambang saat Konferensi Pers tentang Jembatan Lengkung LRT, di Kantor BPPT, Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 6 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arvilla Delitriana mengakui, awalnya diragukan oleh sejumlah pihak karena bentangan lengkungan yang dianggap sulit. Namun, wanita yang akrab disapa Dina ini tetap meyakinkan dengan berupaya data-data di lapangan.
 
"Ada beberapa ujian-ujian yang harus kami jawab, lakukan, dan sampaikan agar berul-betul meyakinkan berbagai pihak untuk melakukan hal tersebut." ujarnya.
 
Saat ini desain rel lengkung LRT sudah selesai dibangun. Namun perlu sentuhan dan penyempurnan akhir untuk memastikan lengkungan aman dilintasi kereta api.
 
"Kalau khusus bentangannya sudah dibangun dan selesai, tapi kalau ujian secara penuh baru bisa dilakukan ketika seluruh ruas sudah tersambung," paparnya.
 
Ditargetkan operasional LRT Jabodetabek tahun depan. Dengan begitu, konstruksi bentang lengkung jembatan LRT teruji dan diakui dunia.
 
"Jadi 2021 itu perkiraan LRT Jabodetabek sudah beroperasi penuh karena kalau operasi penuh artinya marwah sudah tersambung," pungkasnya

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif