Peresmian Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan di Universitas Xihua. Foto: UNS/Humas
Peresmian Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan di Universitas Xihua. Foto: UNS/Humas

UNS Resmikan Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan di Tiongkok

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Desember 2019 14:05
Jakarta: Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Jamal Wiwoho dan Bian Huimin, Sekretaris Partai di Universitas Xihua, Tiongkok meresmikan Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan di Universitas Xihua. Peresmian ini menyusul didirikannya Institut Konfusius di UNS sebagai pusat pengembangan bahasa Mandarin di Indonesia beberapa waktu lalu.
 
Dari Xihua University juga hadir Wakil Rektor bidang Kerja sama Internasional, Fei Ling, Dekan Fakultas Literatur dan Jurnalistik Xie Yingguang, Direktur Tiongkok Pusat Bahasa Mandarin di UNS, Lu Yu, Dekan Fakultas Pendidikan Internasional, Zhao Qi, dan Kepala Pusat Kerja sama Internasional, Luo Bo.
 
Sedangkan Jamal didampingi Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja sama, Sajidan, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Warto, Kepala Kantor Internasional, Irwan Trinugroho,Direktur Indonesia Pusat Bahasa Mandarin di UNS, Stephanie Phanata,dan Kepala prodi D3 bahasa Mandarin, Kristina Indah Setyo Rahayu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan diresmikannya Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan tersebut, maka antara UNS dengan Xihua University semakin meningkatkan kerja samanya. Tidak hanya pada pertukaran para dosen, penelitian bersama, pengiriman mahasiswa, dan kerja sama publikasi internasional yang selama ini sudah berjalan.
 
"Ke depan Universitas yang memiliki 26 Fakultas dan sekitar 60.000 mahasiswa di Tiongkok ini diharapkan menjadi pusat penelitian budaya Jawa, bahkan menjadi center of exelence," kata Jamal dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Pada kesempatan itu, rektor UNS juga melakukan pertemuan dengan 10 mahasiswanya yang sedang menyelesaikan studi di Universitas Xihua. Para mahasiswa lulusan D3 Bahasa Mandarin yang sedang menyelesaikan studi S1 Bahasa Mandarin itu merasa sangat senang dengan suasana belajar dan lingkungan di Universitas yang terletak di Chengdu, Tiongkok bagian barat tersebut.
 
Setelah peresmian, diadakan pertemuan secara khusus dengan para pimpinan Fakultas Literatur dan Jurnalistik, Fakultas Pendidikan Internasional, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Pertanian untuk membahas secara mendetail kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif