Kampus Undip. Foto: Antara
Kampus Undip. Foto: Antara

Catat, Ini Jadwal dan Kuota Jalur Mandiri UNDIP 2021

Pendidikan Pendidikan Tinggi Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi UNDIP
Citra Larasati • 18 Mei 2021 12:21
Jakarta:  Universitas Diponegoro (UNDIP) memberi kuota penerimaan 5.089 mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri untuk 51 program studi (Prodi) sarjana (S1).  Seleksi Mandiri atau yang biasa disebut jalur ujian mandiri (UM) merupakan jalur penerimaan yang dikelola masing-masing perguruan tinggi secara independen.
 
Pendaftaran untuk Jalur Mandiri UNDIP dibuka sampai dengan 17 Juni 2021.  Adapun pelaksanaan ujian online akan dilakukan 21 Juni – 3 Juli 2021, sementara hasil tes masuk akan diumumkan pada 7 Juli 2021.
 
Jalur UM merupakan satu dari empat jalur penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) UNDIP.  Tiga jalur lainnya adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) atau yang dikenal sebagai jalur prestasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ujian Mandiri UNDIP terbagi menjadi dua program, yaitu UM Regular (4.686 kursi) dan UM International Undergraduate Program atau IUP (403 kursi). Untuk sistem penilaiannya tidak menggunakan hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), namun menggunakan hasil ujian online yang akan dikombinasikan dengan portofolio dari calon mahasiswa.
 
Ujian online akan dilakukan melalui portal khusus. Materi yang diujikan terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA).
 
Adapun yang dimaksud dengan portofolio calon mahasiswa adalah nilai prestasi dari pendaftar mulai semester 1-6 selama duduk di bangku SMA/sederajat ditambah dengan pengetahuan umum wawasan kebangsaan.
 
Baca juga:  Tak Bersifat Wajib, Mata Kuliah Startup Digital Hanya Opsional
 
Secara umum, semua program studi S1 Undip membuka jalur penerimaan melalui UM. Secara garis besar ada 34 program studi Saintek dan 17 program studi sosial humaniora yang menerima calon mahasiswa dari jalur UM di TA 2021/2022.
 
Di kelompok prodi Saintek ada prodi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, kemudian di Fakultas Kedokteran ada Kedokteran Umum, Keperawatan, Gizi, Farmasi, dan Kedokteran Gigi.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif