Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah

Pendaftaran Beasiswa Kemenag-LPDP untuk Dosen Dibuka, Catat Jadwalnya

Pendidikan beasiswa Pendidikan Tinggi Beasiswa LPDP Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 22 Oktober 2020 23:44
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan beasiswa bagi pendidik/dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) tahun 2020.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya Kemenag dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen di PTKI.
 
“Beasiswa bagi dosen tahun 2020 ini adalah langkah awal kerja sama kami dengan LPDP. Meskipun sejatinya kami sudah bekerja sama dengan LPDP untuk beasiswa santri. Adapun untuk dosen, tahun ini adalah pertama kalinya kami bekerja sama,” tegas Ramdhani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ramdhani menambahkan, bahwa Kementerian Agama dan LPDP sedang merancang format kerja sama penyelenggaraan beasiswa yang lebih komprehensif untuk tahun depan dan seterusnya. “Kami optimis pada tahun 2021 dan seterusnya beasiswa ini bisa direncanakan lebih matang dan dapat diakses seluas-luasnya oleh para dosen di PTKI,” imbuh mantan Direktur Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati ini.
 
Baca juga:Tiongkok Tawarkan 3.000 Beasiswa Kuliah untuk Pelajar Indonesia
 
Pada kesempatan berbeda, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Kemenag, Suyitno menyebutkan, khusus di 2020 ini, beasiswa hanya disediakan untuk dosen yang ber-NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) dan sedang menempuh studi pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 (semester satu). Selain itu, tahun ini hanya menyediakan beasiswa untuk perguruan tinggi tujuan dalam negeri.
 
“Pada tahun 2020 ini terdapat 19 perguruan tinggi tujuan dengan 239 program studi,” kata Suyitno.
 
Suyitno menambahkan, pada tahun 2021 direncanakan di samping membuka beasiswa untuk perguruan tinggi tujuan di dalam negeri, juga akan dibuka perguruan tinggi tujuan di luar negeri. “Oleh karena itu, kami berharap para dosen PTKI mempersiapkan diri dalam menyambut peluang besar peningkatan kualifikasi dan kompetensi ini,” tutur Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini.
 
Terkait proses seleksi untuk tahun 2020, Direktur Diktis menyebutkan bahwa Kemenag akan melakukan seleksi administratif, sedangkan LPDP akan melaksanakan seleksi substansi. Meskipun demikian, Kemenag akan menambah proses seleksi berupa seleksi wawasan kebangsaan dan moderasi beragama.
 
“Kami hanya ingin memastikan bahwa para peserta yang kami rekomendasikan untuk mengikuti seleksi substansi di LPDP adalah dosen-dosen yang betul-betul memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi serta memiliki paham keagamaan yang moderat,” kata Direktur kelahiran Tulungagung ini.
 
Pendaftaran beasiswa tahun 2020 ini dibuka sejak Rabu, 21 Oktober hingga 6 November 2020. Adapun seleksi administrasi dan wawasan kebangsaan serta moderasi beragama dilaksanakan pada 7-12 November 2020.
 
Sedangkan seleksi substansi diselenggarakan pada 19 November-1 Desember 2020. Hasil seleksi akan diumumkan pada 4 Desember 2020.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif