Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.id/Robi Shani.
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.id/Robi Shani.

Wakil Ketua MPR Ajak Akademisi Berperan Aktif Mengendalikan Covid-19

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 12 Oktober 2020 20:25
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mengajak para sivitas akademika berperan aktif dalam pengendalian virus korona (covid-19) di Tanah Air. Sebab, dampak pandemi covid-19 tidak hanya menyasar sektor kesehatan, tapi juga ke sektor ekonomi, politik dan sosial.
 
"Karena itu perlu keterlibatan para akademisi untuk mempercepat upaya penanggulangan wabah ini," kata Rerie dalam kuliah umum secara virtual yang diikuti 500 mahasiswa dan dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Menurut dia, dalam setiap perubahan selalu saja muncul sejumlah tantangan dan perlu dijawab secara bersama. Ia berpendapat, di tengah ancaman pandemi covid-19 yang didominasi berbagai kondisi ketidakpastian, penggunaan teori manajemen dari Otto Scharmer yang dikenal dengan U Theory, dinilai tepat untuk mencari jawaban dari sejumlah permasalahan yang muncul saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Otto Scharmer dengan U Theory nya mengajarkan kita bagaimana menempatkan diri di tengah kondisi ketidakpastian, bagaimana kita menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan kita dalam pengambilan keputusan," ujar Rerie.
 
Baca:Efektivitas Belajar Daring Bagi Mahasiswa Perlu Solusi Nyata
 
Legislator Partai NasDem itu menjelaskan, proses inti dalam U Theory adalah observe, retreat-reflect dan act. "Bagaimana kita jadikan hasil refleksi dari berbagai pengamatan yang kita lakukan terhadap permasalahan, sebagai dasar dalam bertindak untuk mengatasi permasalahan tersebut," ujarnya.
 
Anggota Komisi X DPR itu mengatakan, dalam mencari jawaban dari berbagai permasalahan memang harus berangkat dari masalah-masalah yang ada, untuk kemudian dicari solusi. Dengan menerapkan tahapan dalam sistem manajemen tersebut, jelas Rerie, setiap langkah dan eksekusi sebuah permasalahan akan memikirkan kepentingan orang banyak.
 
Penerapan U Theory di era ketidakpastian ini dipercaya akan menghasilkan sejumlah inovasi yang muncul dari berbagai kreativitas sebagai jawaban dari permasalahan yang terjadi. Berdasarkan hal itu, Rerie menilai, U Theory dari Otto Scharmer ini bisa jadi panduan para generasi penerus bangsa untuk menjadi pemimpin masa depan.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif