ilustrasi startup. Medcom.id
ilustrasi startup. Medcom.id

Mau Jadi Pengusaha? Mulai dari Bisnis Skala Mikro

Pendidikan startup UMKM tips & trik
Renatha Swasty • 18 April 2022 16:03
Jakarta: Banyak orang merasa bingung ketika hendak memulai suatu usaha. Founder & CEO PT Magfood Inovasi Pangan, Yanty Melianty, mengungkapkan baiknya ketika memulai usaha dari skala mikro.
 
Yanty menuturkan diperlukan ilmu yang tepat saat membangun usaha. “Ibaratnya ujian anak TK, gunakanlah ilmu anak TK untuk menyelesaikannya, bukan anak SD,” kata Yanty dikutip dari laman itb.ac.id, Senin, 18 April 2022.
 
Yanty mengajak mahasiswa mengenali dunia bisnis dengan topik “Starting Your Own Business”. Dia menuturkan dalam membangun usaha, tidak langsung bisa melesat ke skala besar, tetapi bisa dimulai dari usaha yang lebih kecil, yakni usaha mikro.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usaha yang dikategorikan mikro adalah usaha yang memiliki aset kurang dari Rp50 juta. Sebagai pengusaha, Yanty menyebut seseorang mesti berani menentang mitos, seperti anggapan usaha butuh modal besar, usaha hasil warisan, dan lainnya.
 
Usaha bukan hanya berisi spekulasi dan perjudian, tetapi berasal dari perencanaan. Dia menegaskan usaha yang sukses bukan karena hoki dan kebetulan.
 
“Semua usaha itu berdasarkan calculated risk, semua ada ilmunya,” ujar Yanty.
 
Dia menuturkan seseorang harus senantiasa menggali sifat pengusaha dalam diri masing-masing bila ingin jadi pengusaha.
 
"Hanya kita yang bisa mendorong diri kita menjadi pengusaha, tidak bisa orang lain,” tutur dia.
 
Beberapa sifat dasar yang harus dimiliki, yakni pencipta perubahan, diferensiasi, dinamis, anti kemapanan, pengetahuan dan pengalaman, pakar tentang diri sendiri, dan melayani.
 
Yatni menyebut dalam berbisnis seseorang mesti bisa mengukur kemampuan diri dan tools yang dapat digunakan adalah analisis SWOT. Setelah itu, harus mengenali jenis usaha yang sesuai.
 
Dia menuturkan semua usaha memiliki potensi masing-masing. Terkadang, dibutuhkan keterampilan untuk melihat lebih luas dibandingkan dengan permasalahan yang dihadapi untuk bisa terus melanjutkan peluang yang sudah ada.
 
Baca: Ingin Bangun Startup? Ini yang Harus Dipersiapkan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif