Ilustrasi UTBK-SBMPTN. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi UTBK-SBMPTN. MI/Panca Syurkani

Hadapi Soal Bacaan dengan Teknik Skimming dan Scanning, Apa Itu?

Pendidikan UTBK 2022 SBMPTN 2022 UTBK-SBMPTN 2022
Renatha Swasty • 27 April 2022 21:46
Jakarta: Soal bacaan merupakan salah satu tipe pertanyaan yang kerap muncul dalam ujian, seperti UTBK-SBMPTN. Tak jarang peserta diminta membaca bacaan yang panjang, padahal waktu mengerjakan soal terbatas.
 
Kabar baiknya, dilema tersebut dapat diatasi dengan teknik membaca skimming dan scanning. Dikutip dari Zenius, berikut pembahasan keduanya yang meliputi definisi beserta cara menerapkan.

Teknik membaca skimming

Dalam konteks linguistik, skimming adalah teknik membaca cepat atau sekilas, tanpa mencermati detailnya. Teknik ini bertujuan memahami intisari bacaan hanya dengan membaca kalimat utama dan kesimpulan.
 
Untuk menerapkan teknik skimming, tentukan terlebih dahulu topik atau permasalahan yang hendak dicari. Misalnya, pertama-tama bacalah pertanyaan dari soal bacaan, kemudian identifikasi permasalahan yang ditanyakan dalam soal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah itu, barulah cari jawabannya dari teks atau bacaan yang disediakan. Caranya, cermati kalimat utama yang biasanya terletak di awal atau akhir paragraf.
 
Melalui kalimat utama, akan terlihat gagasan pokok alias topik yang dibahas di paragraf tersebut. Jika tidak sesuai dengan yang sedang dicari, bisa langsung dilanjutkan ke alinea berikutnya.
 
Apabila paragraf dalam suatu bacaan terlampau banyak, bisa diakali dengan cukup membaca bagian kesimpulan. Bagian ini biasanya memuat penjelasan masalah yang dibahas secara keseluruhan.

Teknik membaca scanning

Teknik scanning merupakan cara membaca cepat dan cermat untuk mendapatkan informasi spesifik. Teknik ini dilakukan dengan membaca keseluruhan bacaan sambil mencari kata kunci tertentu.
 
Sebelum menerapkan teknik membaca scanning, dibutuhkan teknik skimming terlebih dahulu. Ini dapat membantu memilah bacaan mana saja yang topiknya sesuai dengan yang sedang dicari.
 
Setelah menentukan bacaan, barulah tentukan kata kunci yang hendak dicari. Misalnya, ketika membaca artikel tentang kehidupan di zaman prasejarah, muncul rasa keingintahuan tentang tempat tinggal manusia purba.
 
Untuk mendapatkan jawaban itu secara cepat, cukup membaca semua teks sekilas sambil menyisir kata kunci ‘tempat tinggal’. Jika sudah menemukan kata kunci tersebut, bacalah informasi di sekitarnya. Sebab, kemungkinan informasi yang sedang dicari termuat dalam paragraf itu.
 
Demikianlah sekilas pembahasan mengenai teknik membaca skimming dan scanning. Terapkan teknik tersebut saat menghadapi soal bacaan agar dapat menghemat waktu ujian, ya! (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: 7 Strategi Mengerjakan Reading Test Bahasa Inggris
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif