Kampus UNS. DOK UNS
Kampus UNS. DOK UNS

Idulfitri dan Kesucian Hati Menuju Masyarakat Madani di Wedangan IKA UNS

Pendidikan hari raya idul fitri UNS Idulfitri 1443
Renatha Swasty • 09 Mei 2022 11:28
Jakarta: Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Wedangan IKA UNS. Wedangan yang memasuki seri ke-107 itu mengangkat tema Idulfitri dan Kesucian Hati Menuju Masyarakat Madani untuk Indonesia Maju.
 
Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan Indonesia memiliki dua tradisi ketika Idulfitri. Pertama, mudik. Jamal mengatakan tahun ini terdapat lonjakan pemudik karena pemerintah telah memberikan kelonggaran agar dapat kembali ke kampung halaman.
 
“Tradisi kedua adalah silaturahmi. Ini kekuatan yang luar biasa. Kita di sini bisa sampai seminggu masih diselimuti semangat untuk bersilaturahmi. Termasuk acara malam hari ini,” kata Jamal dikutip dari laman uns.ac.id, Senin, 9 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Wakil Ketua Umum IKA UNS Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan banyak bangsa mengalami pertikaian karena masyarakatnya tidak dapat menjaga hawa nafsu dan amarah. Salah satunya, India.
 
“Ketika dijajah Inggris, India merupakan negara yang sangat besar, terlebih sebelum merdeka penduduknya terbesar di dunia karena Pakistan dan Bangladesh belum memerdekakan negaranya. Kalau sekarang, terbanyak adalah China, sekitar 1,4 miliar, kemudian disusul India dengan 1,3 miliar penduduk,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri itu.
 
Sementara itu, jumlah penduduk Pakistan saat ini sekitar 220 juta jiwa dan Bangladesh 160 juta jiwa. Oleh karena itu, apabila ketiga negara tersebut bersatu, maka akan menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak.
 
Dia menuturkan ketika dimerdekakan oleh Inggris, Pakistan tidak mau ketinggalan. Sehingga banyak masyarakat beragama Hindu bergabung dengan India dan masyarakat yang memeluk Islam ke Pakistan.
 
"Kalau Indonesia pada 1945 seperti itu, maka tidak akan ada Indonesia yang seperti sekarang dengan berbagai keragaman yang ada,” tutur dia.
 
Zudan menekankan keragaman yang dimiliki Indonesia merupakan kekayaan luar biasa. Oleh karena itu, perlu selalu dirawat.
 
“Ini adalah bagian luar biasa yang harus dirawat dengan hati yang bersih, pikiran yang jernih, dan niat yang baik agar bisa berkontribusi dengan ibu pertiwi,” kata dia.
 
Ketua Umum IKA UNS Budi Harto berharap datangnya Idulfitri dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dia juga menginformasikan pada 29 Mei 2022 akan digelar halalbihalal IKA UNS di Hotel Sahid, Jakarta.
 
Budi berharap alumni dapat hadir. Sebab, saat ini kondisi sudah memungkinkan untuk berkumpul.
 
Baca: Hatamkan Al-Qur'an, Mahasiswa UNS Luncurkan Program FMIPA Mengaji
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif