Siswa SMP yang menjadi kiper di Gala Siswa Indonesia, Humas Kemendikbud.
Siswa SMP yang menjadi kiper di Gala Siswa Indonesia, Humas Kemendikbud.

Setelah Italia GSI Bidik Inggris dan Jerman

Pendidikan Gala Siswa Indonesia
Intan Yunelia • 23 Oktober 2018 14:12
Jakarta:Setelah kerja sama dengan klub asal kota Turin, Italia Juventus, Gala Siswa Indonesia (GSI) target merambah klub-klub di Inggris dan Jerman. Inggris dinilai sebagai salah satu kiblat sepak bola dunia, kawah candradimuka pesepakbola muda profesional.
 
“Tahun depan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menambah negara tujuan program pelatihan bagi pemenang GSI. Di antaranya Inggris, Spanyol, dan Jerman,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2018.
 
Pemilihan klub dan negara tujuan sebagai tempat latihan juara GSI bukan tanpa alasan. Sebagai contoh Juventus, salah satu klub tersukses di Italia saat ini dengan tujuh gelar Serie A berturut-turut. Serta banyak melahirkan pemain muda berbakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun depan mulai penjajakan kerja sama dengan klub-klub di Inggris, Spanyol dan Jerman. Tiga negara di atas yang paling terdepan dalam industri sepak bolanya.
 
“Akan kita pilih beberapa seperti Inggris, yang terkenal liga premiernya sangat bagus, bisa juga Spanyol. Termasuk Jerman, kalau dengan Jerman kita sudah mulai penjajakan awal dengan beberapa klub di sana,” ujar Muhadjir.
 
Baca:Tim GSI Jatim Memantapkan Diri ke "Juventus"
 
Selain itu, bagi juara di setiap jenjang seleksi, baik itu tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi akan mendapatkan hadiah berupa piagam dan beasiswa. Mereka pun berkesempatantrialdi negara-negara Asia yang pesebakbolaannya sudah lebih unggul dari Indonesia.
 
“Mereka juga akan dikirim ke beberapa negara asia yang kita anggap sepak bolanya sudah lebih maju, untukbenchmarking,” terang Muhadjir.
 
Pemerintahan Joko Widodo sendiri berkomitmen menjadikan olahraga si kulit bundar ini sebagai ikon olahraga nasional. Menjadikan sepak bola sebagai olahraga yang masif dan populer.
 
“Karena salah satu tanda negara maju ituyakalau sepak bolanya sudah maju,” paparnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi