Kampus UI. Dok Humas UI.
Kampus UI. Dok Humas UI.

Dinilai Fitnah UI, Sivitas Akademika Desak Rektor Perkarakan Kader PKS

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru
Arga sumantri • 21 September 2020 14:05
Depok: Sivitas Akademika Universitas Indonesia (UI) mengecam video pernyataan tentang pakta integritas UI yang diungkapkan legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Al Muzzammil Yusuf. Rektor dan jajaran pimpinan UI pun didesak memperkarakan tudingan tersebut.
 
Desakan ini termuat dalam surat resmi dari 12 perwakilan pengajar UI yang ditujukan kepada Rektor UI Ari Kuncoro. Dalam surat tertanggal 17 September 2020 tersebut, sivitas akademika UI menilai paparan Muzzammil dalam video bertajuk 'Kupas Tuntas: Pakta Integritas UI dan Pendidikan Sexual Consent' merupakan fitnah.
 
"Civitas Akademika Universitas Indonesia dengan ini memohon dan mendesak Bapak Rektor dan semua Pimpinan Universitas Indonesia untuk memproses secara hukum perbuatan Al Muzzammil Yusuf," demikian bunyi salah satu isi surat tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Paparan Muzzammil dinilai bermuatan fitnah dan pembunuhan karakter terhadap UI. Muzzammil juga dianggap melanggar Pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 45 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2016 tentang ITE.

Minta Diberhentikan

Selain itu, sivitas akademika UI juga mendesak rektor dan jajaran pimpinan untuk meminta klarifikasi dan maaf secara resmi dari Al Muzzammil Yusuf. Kemudian, mengajukan surat kepada pimpinan DPR/MPR, pimpinanMahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dan pimpinan Fraksi PKS di DPR agar Muzzammil diberhentikan sebagai anggota DPR secara tidak hormat.
 
Sivitas akademika UI menganggap pernyataan Muzzammil dalam video 'Kupas Tuntas: Pakta Integritas Universitas Indonesia dan Pendidikan Sexual Consent' bermuatan fitnah. Sebab, Muzammil menyatakan kalau UI mengajarkan consensual sex atau seks dengan persetujuan antara mahasiswa dan mahasiswi.

 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif