Pentas Teater Keliling. Foto: Dok. pribadi
Pentas Teater Keliling. Foto: Dok. pribadi

Teater Keliling Ganti Jurus Penjualan Tiket

Pendidikan kebudayaan Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 08 April 2020 07:07
Jakarta: Komunitas Teater Keliling Indonesia, harus mengkaji ulang strategi penjualan tiket pentas mereka. Gelaran bertajuk 'The Great Rahwana 2020' yang semestinya berlangsung pada 11 April ini harus tertunda hingga setidaknya 12 Juni 2020.
 
Head of sponsor dan media, Teater Keliling, Haikal Ilmi Akbar menyebut, tantangan terbesar pengunduran ini ialah soal penjualan tiket pertunjukan. Pihaknya harus mencari jurus agar tiket terjual demi keberlangsungan acara dan juga pemenuhan kebutuhan ekonomi anggota komunitas.
 
"Meski sebagian dari kami ini cuma side job, tapi tentu pemasukan juga diperlukan. Tak menutup kemungkinan pekerja seni seperti kami ini benar-benar menggantungkan hidup dari teater," kata Haikal kepada Medcom.id, Selasa 7 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Sepi Pentas, Seniman Nyambi 'Nguli' Hingga Turun ke Sawah
 
Untuk itu, pria yang berperan sebagai penjaga istana dalam teaternya ini masih terus getol mencari cara untuk menjaga pemasukan dari penjualan tiket. Bahkan sponsor juga harus terus ditempel agar tidak kabur.
 
"Untuk pendapatan sebenernya kami sedang menyusun lagi strategi ticketing ke depannya bagaimana dan untuk sponsorship kami tetap mencari sebisa kami," ungkapnya.
 
Meski sedih dengan kondisi ini, pihaknya mencoba berbesar hati. Haikal menyebut penundaan ini sebagai bentuk dukungan mereka terhadap kebijakansocial dan physical distancing oleh pemerintah.
 
Sembari menunggu jadwal pementasan, Haikal bersama Teater Keliling hanya bisa mengisi waktu dengan saling berkirim video. Tak banyak yang bisa mereka lakukan untuk membangkitkan dunia seni mereka saat ini.
 
"Jadi sekarang selain setop 'nyeni'. Terus bikin konten lucu-lucuan aja kayak nari, terus di Teater Keliling juga ada proyek apresiasi petugas medis, jadi kirim video dance gitu, nyanyi buat apresiasi. Untuk sementara belum ada sih memang pengganti pekerjaan," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif