NEWSTICKER
Konkernas PGRI 2020. Foto: Biro Setwapres
Konkernas PGRI 2020. Foto: Biro Setwapres

Konkernas PGRI 2020

PGRI: Guru, Profesi Paling Strategis dalam Pembangunan SDM

Pendidikan guru Kebijakan pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 21 Februari 2020 22:19
Jakarta: Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menggelar Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) 2020. Konkernas PGRI kali ini akan membahas sejumlah agenda internal dan eksternal organisasi guru yang memiliki sekitar tiga juta anggota tersebut.
 
Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Unifah Rosyidi menjelaskan, secara internal PGRI terus memperkuat jati diri sebagai organisasi profesi yang bersifat unitaristik, independen, dan nonpartisan. Kemudian secara eksternal akan menyokong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas.
 
Di era kekinian, program PGRI tersebut senapas dengan visi misi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam mewujudkan SDM unggul. "PGRI terus berusaha keras memajukan profesi guru agar lebih kompeten dan maksimal dalam bekerja sebagai aparatur negara bidang pendidikan. Sebab profesi guru yang bergerak dalam bidang pendidikan adalah profesi paling strategis dalam pembangunan SDM unggul," kata Unifah dalam pembukaan Konkernas 2020, di Jakarta, Jumat, 21 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tujuan Konkernas ini, kata Unifah, guna membahas dan menilai pelaksanaan keputusan Kongres oleh Pengurus Besar PGRI. Selain itu juga menetapkan kebijakan umum yang bersifat nasional dan rencana kerja tahunan yang belum ditetapkan dalam kongres.
 
"Baik ke dalam maupun keluar yang tidak bertentangan dengan Keputusan Kongres. Konkernas pertama masa bakti kepengurusan ini wajib menetapkan program kerja Pengurus Besar untuk tahun berikutnya," jelasnya.
 
Baca juga:Wapres Minta PGRI Punya Program Peningkatan Kualitas Guru
 
Sementara itu Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang hadir membuka Konkernas 2020 ini dalam sambutannya meminta PGRI memiliki program kerja untuk meningkatakan kapasitas guru. Menurut Ma'ruf, dengan adanya program peningkatan kapasitas guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dan mewujudkan SDM unggul.
 
Program itu, kata Wapres, harus bisa dilaksanakan di semua jajaran pengurus maupun anggota PGRI. "Saya ingin tegaskan peran PGRI dalam meningkatkan profesionalisme guru. Semoga dengan Konkernas ini dapat menghasilkan program-program yang lebih baik untuk menciptakan SDM unggul," kata Ma'ruf.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif