ilustrasi. Foto: MI/Tosiani
ilustrasi. Foto: MI/Tosiani

LTMPT Segera Kirim Jadwal Baru Peserta UTBK-SBMPTN

Pendidikan UTBK SNMPTN/SBMPTN 2020
Ilham Pratama Putra • 24 Juni 2020 15:30
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengubah jadwal pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020. Peserta akan segera mendapatkan jadwal baru mereka.
 
"Kalau jadwal ulangnya sudah tersedia tentu akan kami berikan kepada peserta," kata Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, Rabu, 24 Juni 2020.
 
Nasih menyebut, pihaknya telah memegang seluruh data peserta UTBK-SBMPTN. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pusat UTBK-SBMPTN untuk mengubah jadwal tes peserta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pusat UTBK nanti akan melakukan asesmen termasuk mengontak peserta, persyaratan apa saja yang harus dipenuhi, kemungkinan mereka bisa ke tempat ujian atau tidak, sekarang posisi mereka ada di mana nanti akan kami tanyakan melalui pusat UTBK, dengan begitu kami akan menjadwal ulang," jelas rektor Universitas Airlangga ini.
 
Baca juga:Peserta UTBK-SBMPTN 2020 Wajib Gunakan Pelindung Wajah
 
Perubahan jadwal peserta ini terkait diberlakukannya skema dua gelombang UTBK-SBMPTN 2020. Selain itu, sesi tes yang semulanya ada empat kali dalam satu hari, diubah menjadi dua sesi dalam sehari.
 
Karena hal itulah penjadwalan ulang ini diberlakukan. "UTBK-SBMPTN 2020 dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama 5-14 Juli dan gelombang kedua 20-29 Juli 2020," ujar Nasih.
 
Baca juga:UTBK-SBMPTN Dua Gelombang, Ini Jadwal Lengkapnya
 
Nasih berharap, pembagian gelombang dan pengurangan sesi tes dalam sehari ini dapat menekan angka kerumunan di pusat UTBK-SBMPTN. Dengan begitu potensi penyebaran virus korona dapat diminimalisasi.
 
Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan waktu cadangan. Waktu cadangan ini diperuntukkan bagi wilayah yang terkendala melakukan UTBK-SBMPTN akibat bencana alam.
 
"Masih ada waktu cadangan disediakan pada 30 Juli hingga 2 Agustus 2020," ujar Nasih.
 
Karena adanya berbagai perubahan itu, LTMPT akhirnya turut mengubah waktu pengumuman UTBK-SBMPTN. Pengumuman yang sebelumnya akan dilakukan pada 25 Juli 2020 diundur menjadi 20 Agustus 2020.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif