Ilustrasi Rempah. Foto: Hellawella.com
Ilustrasi Rempah. Foto: Hellawella.com

Edukasi Soal Rempah Dinilai Masih Rendah

Pendidikan kebudayaan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 12 Mei 2020 13:00
Jakarta: Pakar Kuliner senior William Wongso menilai edukasi tentang keragaman jenis rempah yang ada di Indonesia masih rendah. Padahal, sejarah mencatat Indonesia sangat kuat dalam hal perdagangan rempah.
 
Ia menyebut selama ini pengenalan rempah-rempah yang ada di Indonesia masih terbatas pada jenis rempah. Belum sampai pada mengetahui kualitas dari rempah-rempah tersebut.
 
"Dalam pendidikan pengenalan rempah hanya sebatas cengkeh, lada, ketumbar, jinten, dan di luar itu tidak pernah dijabarkan kualitas. Ironi banget," ungkap William dalam Webinar Jalur Rempah ‘Goyang Lidah Dengan Rempah-Rempah, Senin, 11 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


William mencontohkan pola edukasi rempah seharusnya serupa yang terjadi pada kopi. Masyarakat bisa mengetahui kualitas kopi, seiring menjamurnya kafe, hingga profesi barista.
 
"Sehingga terjadi peningkatan kualitas mulai dari petani kopi karena permintaan pelaku kopi, bukan penggiling, tapi end user dipakai untuk kafe," ujarnya.
 
Baca:Ekspedisi Jalur Rempah Bakal Dimulai Agustus
 
Menurut William, saat ini juga terjadi gradasi penggunaan rempah dalam kuliner Indonesia. Artinya, penggunaan rempah dalam kuliner Indonesia masih rendah.
 
Ia menambahkan, Indonesia bagian barat begitu kaya dan kental penggunaan rempah dalam masakannya. Namun, ketika bergeser ke Indonesia paling ujung timur, tidak ada lagi penggunaan rempah. Padahal, kata dia, sejarah mencatat Indonesia bagian timur pernah menjadi sentra perdagangan rempah-rempah.
 
"Kita tarik dari Sumatra sampai Indonesia timur, paling banyak menggunakan rempah kita temui banyak di Sumatra, mulai memudar sampai Indonesia timur, di mana tempat cikal bakal rempah aplikasi rempah sangat minim," jelasnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif