Presiden Minta Perguruan Tinggi Berinovasi Hadapi Revolusi Industri 4.0

Suci Sedya Utami 05 Februari 2018 14:49 WIB
pendidikan
Presiden Minta Perguruan Tinggi Berinovasi Hadapi Revolusi Industri 4.0
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Menristekdikti M. Nasir (kiri) dan Rektor UI Muhammad Anis (kedua kanan) di sidang terbuka Dies Natalis UI ke-68 di Balairung UI. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso).
Depok: Presiden Joko Widodo meminta perguruan tinggi berinovasi menghadapi revolusi industri ke-4. Perguruan tinggi diharapkan jadi penopang ekosistem nasional menuju perubahan dunia.

Menurut Jokowi, inovasi merupakan kunci dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 atau yang lebih dikenal dengan era digital. Revolusi tak bisa dihadapi dengan cara biasa, harus ada cara baru yang dikembangkan.


"Saya berharap agar pendidikan tinggi jadi penopang ekosistem nasional dalam menanggapi revolusi industri 4.0," kata Jokowi saat menghadiri perayaan Dies Natalis Universitas Indonesia (UI) ke-68 di Kampus UI, Depok, akhir pekan lalu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut kreasi dan inovasi baru harus difasilitasi. Salah satu tempat untuk mendukung pengembangan ide atau gagasan dalam menghadapi tantangan era digital adalah perguruan tinggi.

Perguruan tinggi dianggap bisa menyediakan working spacedan kreatif hub. Sebab, inovasi dan kreasi baru kebanyakan datang dari mahasiswa dan generasi muda.

"Artinya, cara kerja perguruan tinggi harus inovatif. Pendidikan harus dilakukan dengan cara-cara baru, inovasi baru, dan kreativitas baru," tutur Jokowi.

Jokowi melanjutkan kurikulum yang berbasis riset harus dibenahi dan disesuaikan dengan teknologi baru. Meski, agenda perubahan itu memang tak mudah.

Namun, Jokowi yakin inovasi akan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif dalam menghadapi perubahan dan persaingan dunia.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id