Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Hasil Riset Terpublikasi Perlu Disimpan di Perpusnas

Pendidikan inovasi Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 09 Desember 2019 12:08
Jakarta: Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando mengusulkan agar hasil riset yang sudah dipublikasikan baiknya diberikan kepada Perpusnas. Harapannya, agar publikasi ilmiah tersebut terekspos lebih maksimal dan tidak hanya berakhir di "laci".
 
"Harusnya menjadi kewajiban, kan Pak Menteri Ristek (Bambang Brodjonegoro) sudah bilang tidak boleh lagi hasil riset hanya 'di laci'. Apapun yang sudah bisa di-publish mestinya diberikan kepada Perpustakaan Nasional," kata Syarif di Auditorium Perpusnas RI, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Desember 2019.
 
Ia pun yakin, dengan teknologi yang dimiliki Perpusnas, hasil-hasil riset akan lebih mudah diakses masyarakat luas. "Dengan sistem teknologi informasi yang kita miliki, kemampuan bandwidth kita itu bisa melayani dua juta orang per detik," terangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syarif juga menegaskan, mahasiswa bisa mencari semua kebutuhan buku untuk kuliahnya. Tercatat Perpusnas memiliki sekitar tiga miliar artikel. "Kepada mahasiswa itu tidak perlu merasa kurang bahan bacaan, ada tiga miliar artikel mau militer, pertanian, kedokteran, kesehatan," tandasnya.
 
Sebelumnya, Menristek, Bambang Brodjonegoro mengatakan, selama ini hasil inovasi dan peneliti kurang terekspos. Hasil penelitian masih belum cukup banyak dikenal dunia usaha.
 
"Jadi tugas kami sebagai pemerintah adalah mempertemukan. Antara apa yang sudah dilakukan oleh para peneliti di perguruan tinggi dan di lembaga penelitian dengan apa yang menjadi kebutuhan dunia usaha," terang Bambang Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Sebagai program jangka pendek, Kemenristek akan memfasilitasi agar hasil penelitian bisa terekspos dan dunia usaha bisa mendapatkan informasi yang lengkap.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif