Kepala LLDikti Wilayah 4 Kementerian Uman Suherman dalam pameran foto ilmuan muda di Galeri Orbital, Bandung.  Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Kepala LLDikti Wilayah 4 Kementerian Uman Suherman dalam pameran foto ilmuan muda di Galeri Orbital, Bandung. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Kampus di Jabar Berlomba Ajukan Prodi Baru Kekinian

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Candra Yuri Nuralam • 28 November 2019 12:48
Bandung: Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Dikti Wilayah 4 Uman Suherman mengatakan, saat ini banyak kampus di Jawa Barat yang mengajukan pembukaan prodi baru. Kebanyakan prodi yang diminta berhubungan dengan visi misi Presiden Joko Widodo dalam pembangunan negeri.
 
"Ya kebanyakan sesuai dengan kebijakan pemerintah, berkaitan dengan vokasi dan teknologi," kata Uman di Galeri Orbital, Dago, Bandung, Kamis, 28 November 2019.
 
Uman mengatakan prodi itu sangat cocok dengan visi misi Presiden untuk memajukan negeri. Selain itu, prodi tersebut juga sangat mendukung era revolusi industri 4.0.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prodi kekinian juga sangat banyak diminta oleh kampus. Prodi yang bisa menghasilkan wirausahawan muda juga populer diajukan saat ini.
 
"Selain itu bisnis digital dan perdagangan nasional juga banyak diajukan," ujar Uman.
 
Sementara itu, prodi sosial dan kedokteran kurang diminati. Pasalnya, saat ini kedua prodi itu sedang dibekukan sementara lantaran sudah terlalu banyak.
 
"Karena memang saat ini sosial, dan kedokteran itu masih moratorium," ucapnya.
 
Sebelumnya, pengajuan penambahan program studi (prodi) kini tidak lagi harus diurus ke pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melainkan cukup dilakukan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Dikti Wilayah secara daring. Namun, pengajuan prodi baru tidak lagi hanya memperhatikan syarat administrasi, tapi juga rekam jejak kampus yang bersangkutan.
 
"Sebuah kampus untuk menambah prodi syaratnya minimal baik, karena itu jadi syarat saat buka prodi baru, kita juga harus lihat rekam jejak mereka," kata Uman.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif